2016/10/26

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Tanggung Jawab MPR RI

Tags




Bogor. Tabloid FBI

Sebagai upaya memberikan pemahaman akan empat pilar kebangsaan kepada para guru, maka Persatuan Guru Republik Indinesia (PGRI) Kota Bogor bersama MPR RI menggelar sosialisasi empat Pilar Kebangsaan di Aula UPBJJ-UT Bogor,
Jl. Soleh Iskandar Kota Bogor. Sosialisasi tersebut diikuti para guru se-Kota Bogor dengan turut dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan, Fahrudin, Ketua PGRI Kota Bogor, Basuki, Ketua Badan sosialisasi empat pilar kebangsaan, Ahmad Basarah dan undangan lainnya dengan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, Selasa (25/10).




Dalam sambutannya Ade mengatakan bahwa “Pilar itu adalah tiang penyanggah, dimana perannya sangat sentral yang juga menentukan kokohnya bangunan. Andai tiang tidak kokoh maka robohlah bangunannya dan kita sebagai penghuni akan merasa nyaman apabila memiliki pilar-pilar yang kokoh dan kuat. Ibarat rumah yang memiliki pilar atau tiang yang kokoh, maka dengan sendirinya akan kuat dalam menghadapi segala ancaman cuaca," kata Ade.

 

Sekdis Pendidikan Kota Bogor Fahrudin menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan langkah penyegaran tentang empat pilar sebagai pilar pengokoh. Sosialisasi kepada para guru dan kepala sekolah dianggap sudah tepat. “Untuk selanjutnya diteruskan pemahamannya kepada para siswa. Sehingga mampu meningkatkan kebanggaan dan kesadarannya sebagai bagian dari warga negara yang harus ikut mengisi pembangunan serta mengokohkan kehidupan berbangsa dan bernegara,”ujar Fahrudin.



Lalu Ketua PGRI Kota Bogor Basuki menerangkan pada kegiatan sosialisasi kali ini diikuti lebih dari 100 peserta dari 6000 anggota PGRI Kota Bogor. Selama penyelenggaraan sosialisasi, pihaknya selalu menggundang guru yang belum pernah mengikuti kegiatan ini. “Tujuannya agar terjadi pemerataan ilmu terkait pemahaman empat pilar kebangsaan yang disampaikan anggota MPR RI," terang Basuki.



Sementara Ketua Badan sosialisasi empat pilar kebangsaan Ahmad Basarah menegaskan, bahwa sosialisasi ini adalah bagian tanggung jawab dan tupoksi MPR RI, maka bagi para anggota MPR RI diwajibkan untuk  mensosialisasikan empat pilar tersebut khususnya di dapil masing-masing. Selain itu Ahmad Basarah menjelaskan sejak ditetapkan kegiatan sosialisasi dan PGRI merupakan satu-satunya organisasi atau lembaga yang menjadi mitra kerja MPR RI secara permanen dalam kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan.

"Salah satu alasan mendasar dam fenomental menjadikan PGRI sebagai mitra kerja dalam sosialisasi ini karena masa depan bangsa dan negara Indonesia, sejatinya ada ditangan para gurulah tunas-tunas bangsa Indonesia dipupuk," pungkas Ahmad Basarah.



(Anwar/Hirawan)


EmoticonEmoticon