-->

PELABUHAN TANJUNG GUDANG KECAMATAN BELINYU AKAN DIJADIKAN JALUR PELAYARAN KAPAL FERRY RORO


Bangka, FBINEWS

Rencananya pada tahun 2019 yang akan datang Jalur pelayaran tanjung gudang Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka menyeberangi ke bakit akecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat akan dilayani kapal penyeberangan FERRY jenis RORO.

Demikian dikatakan kepala KSOP Pangkalbalam IZUAR saat ditemui awak media Fbinews diruang kerjanya selasa(13/11/18).

Menurut Kepala KSOP Pangkalbalam izuar hal ini memang sudah menjadi cita-cita dan harapan masyarakat Belinyu kabupaten bangka dan masyarakat bakit kecamatan jebus kabupaten Bangka Barat sudah sejak lama agar pemeritah membangun jembatan penyeberangan antara Belinyu dan Bakit agar dapat memperlancar transportasi dan mendukung pergerakan perekonomian di dua kabupaten kedepan. 

Keterlambatan perencanaan pembangunan jembatan diperkirakan petugas yang lama yang sudah pindah tugas dimaluku mengatakan kalau membangun jembatan untuk penyeberangan antara belinyu bakit tentu memerlukan cost yang sangat tinggi,, Kata izuar,,

Jadi tahun depan bisa jadi dari tanjung gudang ke bakit kecamatan jebus sudah bisa diganti dengan kapal penyeberangan Ferry jenis RORO ujar izuar kepada awak media fbinews. 

Izuar menyatakan "Gubernur provinsi kepulauan bangka Belitung Erzaldi Rosman Johan pun melalui pemerintahan provinsi kepulauan bangka Belitung mengatakan untuk sementara waktu, Jalur penyeberangan antara tanjung gudang Belinyu dan Bakit dilayani oleh kapal ferry jenis roro  jelas izuar kembali. 

Dikatakannya khusus untuk kapal penyeberangan ferry jenis roro ini nantinya akan memiliki tempat tambat atau memiliki pelabuhan tersendiri sehingga tidak terjadi antri sehingga dapat mempercepat proses kegiatan melayani masyarakat pengguna transportasi laut "sehingga kapal tersebut tidak waiting time terlalu lama dilautan untuk menunggu air pasang" Kata izuar Putra kelahiran desa bakit kecamatan jebus kabupaten bangka barat ini. 

Bahkan kedepan pelabuhan tanjung gudang belinyu akan disinggahi kapal-kapal konteiner untuk melayani daerah-daerah disana imbuhnya. 

Izuar juga menjelaskan untuk kondisi Pelabuhan Pangkalbalam dalam proses pengembangan karena sudah terlalu penuh dan lambat laun Pelabuhan tersebut diduga akan mengalami pendangkalan akibat dipengaruhi oleh sediment yang cukup tinggi.
Jadi kita harus mengembangkan pelabuhan tanjung gudang belinyu, sebab kapal-kapal besar masih masuk dan sampai saat ada 3 (tiga) kapal besar yang melayani penumpang dari tanjung gudang belinyu ke bakit jadi kedepan pelabuhannya akan di tambah panjang menjadi sekitar 300 mtr (tiga ratus meter) tugas izuar. 

Izuar mengatakan kita berharap dan mendukung Gubernur provinsi kepulauan bangka belitung yang memiliki program pengembang pembangunan di provinsi kepulauan bangka belitung yang super megah ini dapat terwujud Kata izuar. 

(Ali Rachmansyah)
 Advertisement Here
 Advertisement Here