2019/01/22

JDN Dan FUKRI Meluncurkan Pekan Doa Sedunia 2019

Tags


Jakarta - FBINews.net

Forum Umat Kristiani Indonesia (FUKRI), bersama Jaringan Doa Nasional (JDN), meluncurkan Pekan Doa Sedunia atau Week of Prayer For Christian Unity (WPCU) 2019 dengan tema "Kejarlah Keadilan" sekaligus menggelar ibadah yang diadakan di Gereja Bala Keselamatan, Kramat Raya, Jakarta, Senen malam (21/1).

FUKRI terdiri dari Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-Gereja dan Lembaga-Lembaga Injili Indonesia (PGLII), Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI), Persekutuan Baptis Indonesia (PBI), Bala Keselamatan (BK), Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) dan Gereja Orthodox Indonesia (GOI).

Ketua Umum PGI Pdt Dr Henriette Hutabarat-Lebang mengutarakan momen Pekan Doa tahun 2019 mempunyai makna penting dalam perjalanan oikumenis dan kesaksian bersama gereja-gereja di Indonesia.

"Diharapkan Pekan Doa ini dilanjutkan untuk dirayakan bersama secara oikumenis setiap tahun di seluruh tanah air dimana waktu dapat disesuaikan dengan jadwal gereja-gereja setempat," kata Pdt Henriette Lebang dalam jumpa pers yang digelar FUKRI bersama JDN sebelum ibadah Peluncuran Pekan Doa Sedunia 2019 di Aula Gereja Bala Keselamatan, Jakarta, Senen(21/1).

Terkait tema "Kejarlah Keadilan", Pdt Henriette Lebang menjelaskan tema ini dipilih Tim Indonesia bertolak dari kenyataan di Indonesia maupun dunia dimana ketidakadilan merupakan salah satu isu pokok yang harus ditanggulangi bersama demi kesejahteraan masyarakat dunia dan Indonesia khususnya, serta kelestarian alam semesta di tengah-tengah krisis ekologis global sekarang ini.

Sementara Romo Agus Ulahayana, mewakili KWI, menyampaikan tahun ini, Indonesia diberikan kesempatan untuk menyiapkan bahan Pekan Doa Sedunia 2019.

"Kami pilih tema 'Kejarlah Keadilan' lantaran pengalaman ketidakadilan dalam beragama ini sepertinya tidak habis-habisnya. Betapa sulitnya diselesaikan. Masih adanya gerakan intoleransi dan diskriminasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebab itu pentingnya keadilan yang komprehensif dan patut menjadi perhatian. Tapi kita bukan hanya berdoa saja. Kita juga berusaha agar keadilan terlaksana," pungkasnya.

Sedangkan Pdt Dr Mulyadi Sulaeman, mewakili Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI), mengatakan melalui Pekan Doa Sedunia ini kesatuan umat semakin terlihat di Indonesia.

"Mari kita doakan agar Roh Kudus menyertai Pekan Doa ini dan terjadi suatu kegerakan di dalam gereja-gereja kita menuju ke arah tubuh Kristus yang sempurna. Juga, terjadinya keadilan dan perdamaian di bangsa kita yang akan menjadi juga terang bagi bangsa-bangsa lainnya," tandasnya.

Ucok Horlas


EmoticonEmoticon