-->

Kubu Jokowi Kecam Andi Arief Soal Hoaks Temuan 7 Kontainer Surat Suara Pemilu yang Dicoblos


JAKARTA - FBINews.net

Kubu Joko Widodo – Ma’ruf Amin ramai-ramai mengecam Wakil Sekjen Partai Demokrat, Andi Arief, terkait kicauannya di Twitter. Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf, Raja Juli Antoni, mengatakan kabar temuan 70 juta surat suara yang turut diinformasikan Andi sebagai fitnah yang membahayakan demokrasi.

“Saya kira ini adalah sebuah fitnah di awal tahun dilakukan oleh seorang politisi yang tidak berintegritas. Entah apa maksudnya tetapi ini berbahaya untuk demokrasi kita dimana terjadi semacam demoralisasi terhadap demokrasi itu sendiri dan terutama kepada institusi penyelenggara pemilu,” ujarnya, Kamis (3/1/2019).

Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu menyebut jika hal yang sama dilakukan kader PSI, maka yang bersangkutan langsung diberi sanksi maksimal. Pasalnya tindakan seperti yang dilakukan Andi, katanya dapat merugikan citra partai politik.

“Ini adalah contoh paling jahat, politisi paling jahat, bahkan yang saya kira kalau ini terjadi di internal PSI, maka orang ini harus diberi sanksi berat. Pe-non-aktifan mungkin, sehingga citra partai tidak terganggu oleh orang ini,” tandasnya.

“Yang sampai publik kemudian identikkan Partai demokrat dengan partai hoaks karena sekali lagi ini sebuah isu jahat yang dilakukan oleh politisi yang tidak berintegritas,” imbuh Toni.

Kecaman juga disampaikan Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. Hasto menilai pernyataan Andi provokatif dan layak diproses secara hukum..

““Pernyataan Sdr Andi sangat provokatif, cermin kekerdilan jiwa, mental prejudice, dan sangat berbahaya. Pernyataan jalanan tanpa dasar tersebut sudah memenuhi delik hukum untuk dipersoalkan,” katanya.

Dia menilai terdapat skenario yang ditujukan untuk membentuk ketidakpercayaan di publik terhadap KPU RI sebagai penyelenggara pemilu.

“Apa yang dilakukan semakin membuktikan adanya penggunaan skenario: penciptaan kondisi ketidakpercayaan pada lembaga penyelenggara pemilu dengan cara-cara tidak beradab, menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan politik dengan tujuan memasukkan opini Pemilu sepertinya curang,” tuturnya.

Sebelumnya akun milik Andi, @AndiArief_ mengaku mendapatkan informasi temuan 70 juta surat suara dalam tujuh kontainer di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dalam cuitannya, dia menyebut surat suara telah dicoblos untuk paslon nomor urut 01, yakni Jokowi – Ma’ruf.

” Mohon dicek kabarnya ada 7 kontainer surat suara yang sudah dicoblos di Tanjung Priok. Supaya tidak fitnah harap dicek kebenarannya. Karena ini kabar sudah beredar,” tulis dia.

Namun diketahui cuitan tersebut sudah menghilang dari akun Twitter milik Andi. KPU telah memastikan isu tersebut hoaks semata.

Ucok Horlas
 Advertisement Here
 Advertisement Here