-->

Walikota Jakarta Selatan Memotong Kabel Utilitas Yang Di Keluhkan Warga


JAKARTA - FBINews.net

Banyaknya kabel utilitas yang selama ini banyak dikeluhkan warga langsung direspon petugas. Salah satunya kabel optic di sepanjang  Jalan Warung Jati, Pancoran, Jakarta Selatan, jaringan ini ditertibkan dengan cara digunting.

Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali, mengakui pihaknya melakukan penertiban kabel utilitas di sepanjang jalan tersebut. Pasalnya sepanjang jalan sekitar 1,4 km meter banyak kabel utilitas yang sangat membahayakan warga.

“Sebelum dilakukan penertiban, sudah melakukan koordinasi dengan pemilik kabel utilitas. Kabel ini sebenarnya sudah tidak dipakai karena operator sebelumnya telah memindahkan ke mainhole, sehingga kita hanya memotong dan merapikannya,”kata Marullah Matali, Selasa (29/1).

Menurutnya,  kabel itu dirapikan oleh Sudin Bina Marga yang merupakan kewenangannya. Kabel-kabel tersebut kemudian digulung sendiri oleh operator dan dibawa ke gudang.

Sementara itu Kepala Seksi Bidang Utilitas Sudin Bina Marga Jakarta Selatan Eva Andrian, menambahkan, penertiban ini merupakan Instruksi Gubernur (Ingub) No 126 Tahun 2018 tentang Penertiban dan Penataan Jaringan Utilitas. Ini juga dilakukan untuk merespon keluhan masyarakat yang banyak kabel optic berantakan.

“Operator diberikan waktu satu minggu untuk merapihkan kabel-kabel yang telah dipotong. Kalau dalam waktu satu minggu belum digulung dan dipindahkan, maka Sudin Bina Marga akan kerahkan petugas untuk merapikannya,” tutur Eva Andrian.

Dia juga menambahkan, bagi pemilik kabel optic dihumbau untuk memalukan pemasangan ditempat yan sudah disediakan. Jika tetap tidak mau menggubris pihaknya akan menertibkannya.

Ucok Horlas
 Advertisement Here
 Advertisement Here