2019/10/28

Puluhan Satpam diberikan Pendidikan Gada Pratama

Tags



Bali - Fbinews.net

Bertepatan Dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Wadir Binmas Polda Bali Membuka Pendidikan Satpam Gada Pratama di Hotel Mahajaya Ubung Denpasar, Senin, (28/10).

Selaras dengan nilai – nilai juang para Pemuda sebagai Tulang Punggung penggerak Kemerdekaan Bangsa Indonesia sejak di kumandangkannya Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, maka proses perjuangan menuju Pucak Kejayaan Bangsa Indonesia dimulai sejak 28 Oktober 1928 dimana Para Pemuda Bangsa Indonesia Bersatu dan mengikrarkan Sumpah Setia kepada Bangsa dan Tanah Air serta Bersatu padu merebut kemerdekaan Bangsa Indonesia dari tangan para Penjajah, ini adalah merupakan Thema dan semangat juang para pendahulu Bangsa yang ingin di tularkan oleh Wadir Binmas Polda Bali ketika membuka Pendidikan Satpam Gada Pratama pada hari Senin (28/10) pukul 09.00 wita di Hotel Mahajaya Ubung Kaja.   

Pembukaan Pendidikan Dasar Satpam Gada Pratama ini adalah Gelombang / Angkatan ke XXXV yang diadakan oleh Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) PT. Global Mulia Sejahtera, adapun turut hadir mendampingi Wadir Binmas Polda Bali membuka Pendidikan Dasar Satpam Gada Pratama ini yaitu Kasubdit Bintibsos Dit Binmas Polda Bali AKBP. I Nyoman, Resa, S.H., M.H., Kasubdit Bhabinkamtibmas Dit Binmas Polda Bali AKBP. Dewa Nyoman Megawase, Kasubdit Bin Satpam Polsus Dit Binmas Polda Bali AKBP. Dra. Herini, Anjak Madya Subdit Bin Polmas Dit Binmas Polda Bali AKBP. Ni Made Siti, Direktur Operasi PT. Global Mulia Sejahtera I.B. Made Pasma, Para Pama, Brigadir, PNS Dit Binmas Polda Bali dan Para pengurus BUJP di wilayah Polda Bali serta Para Peserta Didik Satpam Gada Pratama berjumlah 80 orang. 

Dalam Laporan Singkat Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan oleh Kasubdit Satpam Polsus Dit Binmas Polda Bali, pada intinya sebagai berikut :  “Pendidikan Dasar Gada Pratama dilaksanakan selama 22 kali pertemuan dibuka tgl 28 Oktober 2019 s/d 18 November 2019 bertempat di Hotel Mahajaya Ubung, alut / alsus yang digunakan untuk pelaksanaan Pendidikan berasal dari PT. Global Mulia Sejahtera sebagai Panitia pelaksana Pendidikan, hasil yang ingin dicapai yaitu diharapkan agar seluruh peserta didik agar bisa menyerap ilmu yang diberikan oleh para Instruktur secara teori dan praktek selama pelatihan berlangsung sehingga bisa didapatkan tenaga-tenaga Satpam yang handal dan memiliki Kwalifikasi Gada Pratama”. pungkasnya.

Pada sambutannya Wadir Binmas Polda Bali menyampaikan pesan berupa “Permintaan Maaf dari Dir Binmas Polda Bali sedianya Dir Binmas yang membuka Pelatihan Dasar Satpam Gada Pratama yang di selenggarakan oleh PT. Global Mulia Sejahtera, namun karena di hari dan waktu yang sama diadakan kegiatan Upacara Hari Sumpah Pemuda sehingga Dir Binmas Bersama-sama Kapolda Bali dan para pejabat Utama lainnya mengikuti kegiatan dimaksud, hari ini adalah hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober, saya ingin mengajak kita semua di hari Sumpah Pemuda ini sembari mengingatkan para pejuang kita Pemuda Pemudi kala itu mampu merumuskan sebuah komitmen, komitmen yang meupakan satu kesatuan bahwa para pemuda ini tetap satu, berbangsa satu Bangsa Indonesia, Berbahasa Satu Bahasa Indonesia, Bertanah Air Satu Tanah Air Indonesia,  kata – kata itu bermakna  Negara kita adalah Negara Indonesia sehingga kalau berbicara Indonesia dasarnya adalah Pancasila”, ditambahkan oleh Srikandi Dit Binmas Polda Bali yang berasal dari Kecamatan Kuta Kab. Badung Bali bahwa “kita harus belajar betul sejarah ini supaya kita tau dari mana asalnya, siapa saudara kita, Indonesia itu seperti apa, sehingga kami terus meningatkan agar kita tidak mudah untuk terpapar paham-paham dari orang-orang yang mungkin ingin menghancurkan negara kita, sehingga camkan dalam diri kita bahwa Pancasila adalah nilai-nilai dan Pondasi kekuatan Negara, Bali tidak bisa hanya di bangun dan dikelola keamanannya oleh hanya orang Bali saja, tapi Bali juga harus dibangun oleh seluruh komponen lapisan masyarakat yang berada di Bali sehingga mari kita bangun Bali yang Shanti lan Jagadhita”, tegas Mantan Kapolres Klungkung ini.

Selanjutnya Wadir Binmas membacakan amanat Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Bali dimana pada intinya “Ketrampilan dan kemampuan Satpam meliputi kemampuan Kepolisian terbatas, pengetahuan tentang Keamanan dan Keselamatan kerja, serta pengetahuan tentang Industrial Security, ketrampilan dan kemampuan dasar ini hanya akan di peroleh melalui mengikuti pendidikan Satpam Gada Pratama”, terangnya, ditambahkan Wanita yang bersuami seorang Pengusaha Sukses asal Medan Sumatera Utara ini bahwa  “Polri telah menempatkan pengamanan Swakarsa sebagai partner dan mitra kerja untuk secara bersama dan bersinegri menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, Satpam yang berada di tengah - tengah masyarakat telah mendapatkan pengakuan dan legalitas sebagai tenaga pengamanan yang tangguh oleh karena itu Satpam dituntut harus memilki loyalitas dan profesional dalam bertugas, saya berharap anda dalam pendidikan berlatih dan belajar dengan baik sehingga standarisasi atau SOP tugas saudara dapat saudara pahami dengan baik, saya  atas nama KAPOLDA Bali mengucapkan Terima Kasih dan penghargaan kepada seluruh peserta, pelatih dan panitia dan dengan kegiatan ini saya berharap dapat memberikan pewarnaan terhadap giat pengamanan swakarsa khususnya dlm mengaplikasikan peraturan Kapolri No. 24 thn 2007 di lapangan. Mudah - mudahan anda menjadi Satuan Pengamanan yang bertanggung jawab dan membawa nama bangsa negara ini menjadi lebih baik. Moga Ida Sang Hyang Widhi Wasa menjaga kita semua”, ucapnya.

Source : Humas Polda Bali


EmoticonEmoticon