-->

Taruna Akmil Terima Pembekalan Peran TNI Dalam Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia


Magelang - Fbinews.net

Taruna Akademi Militer menerima pembekalan Peran TNI dalam Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia (OPPD) dari Direktur Pembinaan Perencanaan dan Operasi (Dirbinrenops) Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Kolonel Czi Winarno beserta 4 staf PMPP TNI terkait di Gedung Lily Rochli, Komplek Kesatrian Akmil, Magelang (23/11). 

Kegiatan pembekalan yang diikuti 514 orang Taruna Tk. II dan III Akademi Militer mengulas secara rinci tentang konsepsi strategis pelibatan TNI dalam OPPD. Metode pembekalan yang dibuka dengan pemutaran video profil PMPP TNI ini dilaksanakan untuk memperkenalkan konsep OPPD secara lebih dini kepada para Taruna Akmil sebagai calon pimpinan TNI AD di masa yang akan datang.

Materi yang disampaikan di dalam pembekalan meliputi lintasan sejarah sebagai referensi serta latar belakang pelibatan peacekeepers TNI, perkembangan lingkungan strategis dan transformasi spektrum OPPD, berbagai tantangan yang dihadapi, startegi keberhasilan TNI dan agenda kerja sama internasional sebagai implementasi diplomasi militer TNI.

Pada kesempatan tersebut Dirbinrenops PMPP TNI selaku Ketua Tim menjelaskan bahwa agenda pembekalan atau sosialisasi yang dilaksanakan ini merupakan bentuk implementasi dari upaya PMPP TNI dalam rangka memperkenalkan tentang pelibatan serta peran TNI dalam OPPD kepada generasi muda TNI. 

Kegiatan ini juga diinisasi mengingat belum adanya materi khusus dalam kurikulum pendidikan Taruna Akmil yang mengantarkan terbentuknya pemahaman tentang pelibatan serta peran TNI di dalam OPPD. 

Sebelum melaksanakan pembekalan, Tim PMPP TNI terlebih dahulu diterima secara resmi oleh Danmentar Akmil Kolonel Inf Ari Yulianto yang didampingi oleh Wadanmentar serta Para Danyontar di Mako Resimen Taruna.
 Advertisement Here
 Advertisement Here