2020/01/22

Satgas Gabungan Ops PETI, Kembali Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Tags




Serang Banten - Fbinews.net

Kepolisian Daerah Banten bersama TNI, ESDM, Pemerintah Daerah dan BNPB serta instansi terkait lainnya kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), Rabu (22/1/2020)

Rakor dipimpin Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Agung Sabar Santoso yang diwakili Irwasda Kombes Pol Drs. I Nyoman L Suradnya MM., membahas aktivitas pertambangan ilegal di wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Berdasarkan informasi yang didapat, Satuan Tugas Penambangan Tanpa Izin (Satgas Peti) yang terdiri dari anggota Polri, TNI dan juga beberapa Instansi Pemerintahan Daerah akan kembali menggelar operasi gabungan penertiban pertambangan ilegal.

Kabidhumas Kombes Pol Edy Sumardi membenarkan kegiatan tersebut. Namun pihaknya tidak mengulas secara mendetail waktu dan tempat pelaksanaannya.

"Wilayah pelaksanaan operasi diperluas, dalam waktu dekat ini akan kita laksanakan penertiban kembali," kata Kombes Pol Edy Sumardi saat dikonfirmasi.

Sebelumnya, Satgas Peti Polda Banten telah melakukan penyelidikan dan penutupan beberapa lokasi aktivitas pertambangan tersebut.

"Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya aktivitas pertambangan serupa yang tidak mengutamakan faktor keselamatan baik para pekerja dan kelestarian alam," terang Edy.

Kombes Pol Edy Sumardi menerangkan bahwa Satgas peti bertujuan untuk melakukan langkah langkah pencegahan terhadap aktifitas penambangan illegal.

Aktifitas tersebut berpotensi terhadap keselamatan para pekerja yang tidak memenuhi standard dan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi akibat rusaknya lingkungan.

Polri, TNI dan Pemda yang tergabung dalam satgas PETI ini, terus berupaya mencari solusi dan melakukan rekonsiliasi pasca bencana di lebak," ujarnya.

Mujahidin


EmoticonEmoticon