2020/05/03

Mewujudkan Masyarakat Peduli Kamtibmas

Tags




Tangerang - Fbinews.net

Pokdar Kamtibmas adalah singkatan dari Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Pokdarkamtibmas dengan anggota berasal dari seluruh lapisan warga masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat.


Sesuai dengan fungsi dan peruntukannya, kelompok masyarakat ini juga secara swakarsa harus mampu menunjukkan kepeduliannya terhadap masalah-masalah kamtibmas dan menaati hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

 
Secara umum anggota Pokdarkamtibmas ini diharapkan mampu membantu tugas kepolisian memelihara keamanan dan ketertiban wilayah masing-masing dengan pendekatan preemtif, preventif, dan solutif. Artinya, anggota Pokdarkamtibmas dapat melakukan tindak penyuluhan dan pencegahan gangguan kamtibmas dengan batasan-batasan tertentu.

Seperti yang dilakukan pokdarkamtibmas Polsek Batu Ceper  Tangerang yang menbatu kegiatan pengamanan di pos pantau niaga terpadu batuceper Tangerang  pada hari minggu pukul 01,00wib

Anggota Pokdarkamtibmas merupakan mitra kepolisian, namun bukanlah anggota polisi. Karena itulah, tindakan yang dapat dilakukan apabila terjadi gangguan kamtibmas adalah mengamankan, menyelesaikan (problem solving) dengan pendekatan nonrepresif, dan apabila tidak didapat jalan keluar, melaporkan kepada pihak kepolisian yang memiliki kewenangan di atasnya.

Ari S


EmoticonEmoticon