2020/10/22

PASAR BENTENG PANCASILA SEBAGAI LANGKAH INOVASI PEMKOT MOJOKERTO BANGKIT DARI SITUASI PANDEMI



Mojokerto - Fbinews.net

Setelah menunggu lama akhirnya Pasar Benteng Pancasila (BenPas) yang memiliki (242) kios ini resmi dibuka oleh Walikota Mojokerto Hj.  Ika Puspita Sari.  SE. didampingi Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti pada hari Kamis (22/10/2020).


Pasar ini dibangun untuk menampung kembali para pedagang yang tadinya menempati kios blok alun-alun yang terbakar pada Jumat (22/9/2017) sekitar pukul 23.30 Wib.


Setelah peristiwa kebakaran  tersebut para pedagang kemudian ditempatkan pada kios-kios  sementara di lahan Pemkot Mojokerto di sepanjang rel KA Jalan Benteng Pancasila seberang jalan dari kios-kios yang terbakar. Namun selama menempati kios-kios sementara tersebut para pedagang mengeluh sepi pembeli. 





"Karena mayoritas masyarakat Mojokerto adalah penyedia barang dan jasa maka sarana prasarana perdagangan merupakan salah satu sektor penting yang bisa mendukung ekonomi kerakyatan juga pertumbuhan ekonomi daerah. Di pasar Benteng Pancasila ini. Kami menaruh harapan besar kepada seluruh pedagang yang berdagang di sini, dalam rangka upaya untuk mengendalikan covid-19 seluruh pedagang yang ada di pasar Benteng Pancasila selalu bertransaksi dengan cara cashless. Karena uang adalah salah satu media dari penyebaran virus baik dalam proses pembayaran retribusi pasarnya, retribusi kebersihannya maupun dalam transaksi antara pedagang dengan pembelinya. Pasar ini kedepan akan menjadi role model bagi pasar-pasar rakyat lainnya yang ada di Kota Mojokerto. Sedangkan di pasar rakyat yang menjual produk basahan, selama pandemi covid-19 ini sudah menggunakan aplikasi yang memutus hubungan secara langsung atau tatap muka antara pedagang dengan pembeli yaitu kami siapkan aplikasi yang bernama MLIJO ONLINE, di mana masyarakat kota Mojokerto dan sekitarnya bisa berbelanja kebutuhan pangan sehari-hari cukup lewat telepon atau WA dan barang yang dibeli tersebut akan diantar langsung sesuai dengan alamat yang diminta serta pembayarannya juga secara cashless atau tanpa menggunakan uang cash." Kata walikota Mojokerto dalam sambutannya 


Lebih lanjut Ning Ita sapaan akrab Walikota Mojokerto menyampaikan bahwa, Kota Mojokerto dengan adanya pandemi ini justru menjadi lebih inovatif dan kreatif justru berpikir lebih jauh kedepan.


Sedangkan La Nyalla Mahmud Mattaliti menyampaikan harapannya, semoga kehadiran teknologi dan digitalisasi ini bisa kita manfaatkan sebaik mungkin dan bisa melahirkan inovasi inovasi terbaru dan meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga kita mendapat jalan keluar dari perubahan Global yang tak terbendung ini.


"Kami sangat gembira dengan diresmikannya pembukaan Pasar Benteng Pancasila ini. Harapan kami akan bisa kembali ramai seperti sebelum terbakar waktu itu." kata Sokhib ketua paguyuban pedagang pasar Benteng Pancasila.



Agus Buyut


EmoticonEmoticon