2020/10/01

UPAYA FKUB KOTA MOJOKERTO MENGHINDARI GESEKAN ANTAR UMAT BERAGAMA

Tags



Mojokerto - Fbinews.net


Dalam upaya penguatan kerukunan di tengah masyarakat, FKUB ( Forum Kerukunan Umat Beragama)  Kota Mojokerto menjalankan program kerjanya dengan melakukan gerakan silaturahmi turun ke bawah untuk menemui "akar-akar rumput" pada tujuh Kelurahan di Kota Mojokerto.

Gerakan ini dimulai pada hari Kamis malam (1/10/2020) di Pendopo Kelurahan Surodinawan Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto.

J. Ennang Sutarto selaku pembicara dari FKUB Kota Mojokerto menyampaikan bahwa ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu timbulnya permasalahan antar umat beragama. Dan jika muncul permasalahan yang utamanya menyangkut terganggunya kerukunan dalam menjalankan agama, disarankan agar sesegera mungkin diupayakan penyelesaian mulai dari tingkat paling bawah yaitu tingkat RT maupun RW, dan apabila di perlukan FKUB Kota Mojokerto juga siap membantu dalam setiap upaya pembangunan kerukunan masyarakat terkait tentang kehidupan beragama.

Sebagaimana disampaikan KH.  Faqih Usman selaku ketua FKUB Kota Mojokerto bahwa FKUB adalah lembaga yang pengurusnya melibatkan seluruh pemeluk agama yang ada di Indonesia yang tugasnya bukan untuk mengotak-atik agama yang di peluk oleh masyarakat melainkan untuk mendukung pembangunan kerukunan antar umat beragama di masyarakat. 



Bagi Lurah Surodinawan, Riaji SH. Kegiatan tersebut adalah kesempatan yang sangat bagus untuk bertitip pesan kepada para peserta tentang betapa pentingnya kepatuhan pelaksanaan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. Kegiatan silaturahmi dan sosialisasi yang dihadiri para tokoh agama dan tokoh masyarakat tersebut juga diharapkan bisa menjadi penyambung lidah terkait upaya pemerintah dalam melindungi masyarakat di masa pandemi ini. 

Adapun jadwal kegiatan silaturahmi dan sosialisasi FKUB Kota Mojokerto selanjutnya adalah sebagai berikut :

1. Hari Kamis (8/10/2020) bertempat di Kelurahan Kauman dengan pembicara H. Anam Manis

2. Hari Kamis (15/10/2020) bertempat di Kelurahan Miji dengan pembicara J. Ennang Sutarto

3. Hari Kamis (22/10/2020) bertempat di Kelurahan Kranggan dengan pembicara H. Anam Manis

4. Hari Kamis (5/11/2020) bertempat di Kelurahan Meri dengan pembicara J. Ennang Sutarto

5. Hari Kamis (12/11/2020) bertempat di Kelurahan Wates dengan pembicara H. Anam Manis.

6. Hari Kamis (19/11/2020) bertempat di Kelurahan Jagalan dengan pembicara J. Ennang Sutarto.


Agus Buyut


EmoticonEmoticon