2020/12/14

Pemprov Malut dan Pertamina Teken MOU PBBKB, Untuk Cegah Korupsi



Ternate–FBI News.Net


PT. Pertamina (Persero) bersama Pemerintah Provinsi Provinsi Maluku Utara (Malut), Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) dan Gorontalo melakukan kerjasama untuk optimalisasi Pendapatan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB).


Penandatanganan kerjasama yang dilakukan secara virtual, untuk provinsi Malut berlangsung di kediaman gubernur Malut di Ternate, eks hotel crisan yang diinisiasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK-RI) dihadiri langsung Gubernur Abdul Ghani Kasuba dan Executive General Manager Regional Papua Maluku Yoyok Wahyu Maniadi, Senin (14/12/2020).


Gubernur Abdul Ghani Kasuba dalam sambutan tertulisnya mengatakan, dalam amanatnya mengatakan, kerjasama dengan pihak PT. Pertamina ini tentunya memperhatikan surat dari KPK nomor B-2904/KSP.00/10.16/06/2020 tertanggal 18 Juni 2020 perihal koordinasi terkait pajak bahan bakar kendaraan bermotor yang diminta untuk melakukan sinkronisasi data secara transparan dan terpadu kepada pemerintah daerah diwilayah masing-masing.



“Saya mengapresiasi, PT.

Pertamina yang telah melaksanakan kerjasama sehingga bisa lebih meningkatkan komitmen bersama dalam rangka peningkatan pendapatan asli daerah di Malut kedepan,” ungkap gubernur.


Sementar itu, Executive General Manager Regional Papua Maluku Yoyok Wahyu Maniadi dalam laporannya mengatakan, PT. Pertamina selaku BUMN yang diberikan amanah dan penugasan pemerintah akan terus berkomitmen untuk terus menjamin ketersediaan energi khususnya diwilayah Indonesia Timur.


Bahkan, pengambangan energi ramah lingkungan dan berkelanjutan akan menjadi visi dan misi Pertamina kedepan.


Untuk itu menurutnya, melalui kerjasama antara pertamina dan Pemprov Malut ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan yang lebih oleh daerah.


Yoyok bilang, kerjasama ini perlu adanya perhatian kita semu agar optimalisasi perolehan pendapatan kendaraan bermotor dapat terselenggara optimal.


“Untuk itu kami mendukung penuh atas legalitas kegiatan hang dilakukan, sehingga dapat tertuang dalam kesepakatan bersama, semoga ini dapat mempererat hubungan anatara Pertamina dengan Pemerov Malut yang sudah berjalan dengan baik selama ini,”pungkasnya.(ILON HI.M)


EmoticonEmoticon