2021/03/19

Respon Positif dari Bupati Bogor,Selamatkan Kehidupan,Dengan Gerakan Penanaman Pohon


 
BOGOR-FBINEWS.NET

Hutan, memiliki fungsi yang pertama yaitu membantu kita bernapas. Hutan memompa keluar oksigen yang kita butuhkan untuk hidup dan menyerap karbon dioksida yang kita hembuskan (atau keluarkan). Sebatang pohon dewasa dan berdaun diperkirakan menghasilkan pasokan oksigen sehari untuk dua hingga 10 orang. Selain menyediakan udara segar,dan Air bersih bagi manusia, habitat bagi satwa liar, bisa pula membantu mencegah terjadinya longsor dan banjir" Terang Rohmat Selamat, SH, M.Kn Ketua DPC PWRI Kabupaten Bogor


Lebih lanjut Rohmat menjelaskan“ Melestarikan hutan adalah tanggung jawab kita bersama. Masyarakat harus diedukasi tentang pentingnya peduli Lingkungan, Menanam pohon, penyelamatan hutan bagi kehidupan manusia,” kata Rohmat kepada FBINEWS.NET,di Kantor DPC PWRI Bogor,Jalan Bersih no 1 komplek perkantoran Pemkab Cibinong jumat (19/03/2021).

“ Kita harus belajar untuk mencintai hutan, bila hutan gundul dan tidak terawat dengan semestinya, akan menjadi ancaman bagi keberlangsungan kehidupan itu sendiri, karena Akar pohon adalah sekutu utama dalam hujan lebat, terutama untuk daerah dataran rendah seperti dataran sungai. Mereka membantu tanah menyerap lebih banyak banjir bandang, mengurangi kehilangan tanah dan kerusakan properti dengan memperlambat aliran.” tegasnya.


Gerakan Penanaman Pohon dengan tagar menyelamatkan kehidupan Bisa kita lakukan lewat Touring,Study tour, maupun traveling agar lebih seru dan aktraktif disisipkan Games, diskusi, berbagai lomba dan lain sebagainya berkelanjutan,” terangnya.

"Kegiatan penanaman Pohon ini tidak hanya sekali selesai tapi berkelanjutan kita undang bergiliran kelompok klompok masyarakat, sekolah- Sekolah pelajar mahasiswa untuk hadir menanam sambil berwisata Alam menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan". Terangnya.

Karena wujud kepedulian itu pulalah, Pengacara Muda Kabupaten Bogor ini, menggulirkan program gerakan menanam pohon untuk kehidupan, disamping Bukit Wisata Cianten Bogor. Giat ini, juga mendapat respon positif dari Bupati Bogor.

“ Selain penanaman hutan, kita akan melakukan serangkaian kegiatan, kita akan sasar pelajar, mahasiswa, dan kaum milenial lainnya, agar memiliki perhatian terhadap hutan dan lingkungan hidup. Bisa kita lakukan lewat diskusi, berbagai lomba dan lain sebagainya,” terangnya.

Gerakan menanam pohon untuk kehidupan , sebut dia, nantinya akan melibatkan banyak pihak, seperti Kementerian Lingkungan Hidup, Pemprov Jabar, Pemkab Bogor, Perusahaan, Pengusaha, atau pihak-pihak terkait lainnya yang peduli dengan lingkungan hidup.

Kasdi Botak


EmoticonEmoticon