2021/04/21

SENGKETA DUSUN SAKALAT LARE DI DESA TENGAH AMBON KECAMATAN SALAHUTU

Tags

   

 MALUKU-FBINEWS.NET 

 

Beberapaa hari yang lalu aparat desa negeri tengah tengah melakukan pemeriksaan atau kata lain Komisi di dusun sakalalare yang di sengketan oleh arfa dan keluarga cucu hi abdurahman maruapey. 

Awak media Fbinews mencoba mewawancarai salah satu cucu almarhum hi abdurahman berinisial KM mengatakan bahwa Dusun yang menjadi sengketa tersebut merupakan bagian dari dusun hautetu dimana sejak 19 juli 1827 telah di menangkan oleh datuk kami yang bernama Noerpesy Maruapey atas Datuk Ahmad Maruapey berdasarkan keputusan desa yang di tanda tangani oleh kepala desa Negeri Tengah" yaitu Saihitu Tuharea dengan gelar orang kaya dan 3 kepala soa yakni Hamis leorima, Aituni Maruapey dan Hadji Walaheru pada tgl 19 Juli 1827 yang kemudian di perbaharui melalui pengesahan sebagaimana salinan asli yang Di tanda tangani kepala bagian pemerintahan umum, pemerintah wilayah pulau Ambon pada 17 maret 1964 oleh tuanku J. Palapessy 

Lanjut KM jika di hitung sengketa tanah kami ini dengan pihak tertentu hingga saat ini sudah 6 kali dan setiap kali gelar perkara ( sidang desa) selalu saja dimenangkan oleh pihak kami.

Agar tidak ada sengketa dikemudian hari, Kepala Desa Agil PR Tuharea membuat rangkuman keputusan hasil perkara 6 x antara kel Hi Abdurahman Maruapey dengan pihak yang berperkara yang di tanda tangani oleh sekertaris desa Negeri Tengah tengah Alm Harun Tuharea untuk Di jadikan Arsip desa dan kepada ahli wars sebagai berikut. 

1. tahun 1827 perkara antara Noerpessy Maruapey lawan Ahmad Maruapey dimasa pemerintahan UPU SAUHITU TUHAREA Di menangkan oleh Noerpesy Maruapey. 

2. Tahun 1918 perkara antara Awa dan Abdurahman lawan Abuhasan Risahondua di masa pemerintahan Badarudin Tuharea dan dimenangkan oleh Aisa dan Abdurahman Maruapey. 

3. tahun 1921 perkara antara Aisa dan Abdurahman Maruapey lawan Yunus Maruapey dan dimenangkan oleh Aisa dan Abdurahman Maruapey dimasa pemerintahan Badarudin Tuharea. 

4. Tahun 1923 perkara Aisa Dan Abdurahman Maruapey lawan Abdugani dan Muhidin Tuharea dimasa pemerintahan Patti Raja Tuharea dimenangkan oleh Aisa dan Abdurahman Maruapey. 

5. Tahun 1926 perkara antara Aisa Dan Abdurahman Maruapey lawan Sai Risahondua dimasa pemerintahan Patti Raja Tuharea dan dimenangkan oleh Aisa dan Abdurahman Maruapey. 

6. Tahun 1988 perkara antara Hi Arif bersaudara lawan Guru Husen Maruapey bersaudara di masa pemerintahan beta Agil PR Tuharea di menangkan oleh Hi Arif Maruapey bersaudara. 

Awak media Fbinews juga Mencoba menghubungi salah satu anak cucu hi Abdurahman berinisial SM lewat via telpon mengatakan bahwa Fenomena penyerobotan tanah terulang kembali beberapa waktu yang lalu oleh saudari Arfa dengan membuat pondasi Rumah baru yang sudah merengsek masuk di tanah Hi abdurahman Maruapey sontak saja membuat anak cucu Hi Abdurahman Maruapey membuat perlawanan ditanah yang oleh keputusan desa di tahun 1827 menjadi milik mereka. 

lanjut SM di dalam rilis vidio yang dikirimkan kepada awak media fbinews lewat WA oleh KM disaat aparat desa negeri tengah" melakukan Komisi atau melakukan pemeriksaan lapangan dan menanyakan batas batas Arfa dengan menghadirkan saksi saksi dan saksi yang di hadirkan Arfa pada Aparat desa Negeri tengah tengah salah satuh nya saksi yang pernah berperkara dengan keluarga Hi Abdurahman di nyatakan kala di persidangan dan anehnya lagi yang di hadirkan cuma saksi dari Arfa sedangkan saksi dari anak dan cucu dari almarhum hi abdurahman tidak di hadirkan, hal ini memberikan isyarat bahwa kredibilitas aparat desa dlm memberikan rasa keadilan Dan persamaan hak sesama warga tidak menjadi skala prioritas, terkesan ada keberpihakan Karna Arfa merupakan kerabat dekat kepala desa dan saat pemeriksaan yang ditanyakan hanya saksi dari arfa sedangkan kami tidak di Tanyai padahal kami sebagai pihak yang di rugikan. lanjut SM ini menguatkan kami bahwa pejabat dan kaur kaur nya tidak netral dan terkesan berpihak kw arfa Kata SM cucu dari almarhum hi abdurahman Maruapey. lebih lanjut lagi Kata SM mengatakan bahwa bukti keberpihakan ini misalnya salah satu






EmoticonEmoticon