2021/06/14

Gratis Operasi Sumbing Bibir dan Sumbing Langit-Langit di Polda Banten

Sambut HUT Bhayangkara ke-75, Biddokes Polda Banten Gelar Baksos
 
SERANG - FBINEWS.NET

Dalam rangka HUT Bhayangkara dan HUT Dokkes Polri ke-75, Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) menggelar bakti sosial operasi gratis bagi balita penderita sumbing bibir dan sumbing langit-langit. 


Kapolda Banten, Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, S.H., M.H., M.B.A., mengatakan mulai hari ini Polda Banten melaksanakan operasi gratis sumbing bibir dan sumbing langit-langit yang sebelumnya sudah dibuka pendaftaran pada tanggal 1 Juni 2021 lalu. 

"Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75 dan HUT Dokkes Polri kami menggelar bakti sosial kemanusiaan yaitu Operasi gratis bagi penderita sumbing bibir dan sumbing langit-langit," ucap Kapolda, Senin (14/06/2021). 


dr. Agung Widodo, Sp.M mengatakan untuk persyaratan pasien sumbing bibir adalah pasien yang berusia minimal 3 tahun, berat badan minimal 5kg, dan sehat secara umum dibuktikan dengan hasil pemeriksaan lab dan pemeriksaan Covid-19. 

"Sedangkan untuk pasien sumbing langit-langit, dengan persyaratan pasien minimal berusia 1 tahun, berat badan minimal 10kg, dan sehat secara umum," kata Kabid Dokes. 

dr. Agung Widodo, Sp.M menambahkan bahwa ada 43 pasien diantaranya 27 orang penderita sumbing bibir dan 16 orang penderita sumbing langit-langit yang akan dilakukan tindakan Operasi. 

Adapun pelaksanaan operasi ini dilakukan screening pasien terlebih dahulu yang meliputi registrasi ulang, timbang berat badan, cek rapid antigen, dan cek laboratrium. 

"Pasien datang lalu registrasi, cocokan data, timbang berat badan jika berat badan pasien dibawah dari 5kg maka tidak dilanjutkan Operasi," kata dr. Agung.

Kemudian Kabiddokes menyampaikan bila hasil Rapid Test Antigen positif maka tidak dilanjutkan tindakan Operasi, jika hasilnya negatif maka pasien dilanjutkan pemeriksaan Lab DPL/BT-CT dan hitung jenis leukosit.

Terakhir, dr. Agung mengucapkan bahwa pasien dengan Operasi sumbing langit-langit akan dirawat semalam di RS Bhayangkara, sedangkan pasien dengan operasi sumbing bibir boleh pulang setelah pasien sadar dan dinyatakan aman untuk pulang oleh dokter anastesi kurang lebih 2 jam pasca operasi dilakukan. 

"Karena ini merupakan sumbangsih dari Polda Banten sehingga bisa memberikan rasa empati terhadap masyarakat yang ada di wilayah hukum Polda Banten, semoga operasi berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala serta hasilnya bisa dimanfaatkan," tutup Kabiddokes. 

Reza salah satu orang tua dari anak penderita bibir sumbing mengucapkan terimakasih. 

"Terimakasih banyak kepada Kepolisian Daerah Banten atas terselenggaranya operasi sumbing bibir dan sumbing langit langit ini secara gratis dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75 dan HUT Dokes Polri, kami sangat terbantu dengan adanya bakti sosial ini karena keterbatasan ekonomi kami yang belum mampu untuk melakukan operasi dengan biaya sendiri," ujar Reza. 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengimbau kepada masyarakat dalam momentum HUT Bhayangkara ke-75 dan HUT Dokes Polri bila mana ada anak, saudara, atau tetangga yang mengalami sumbing bibir silahkan daftarkan ke RS. Bhayangkara untuk didata dan nanti kita adakan bakti sosial ini kembali. (Ari.S)


EmoticonEmoticon