-->

PELAKSANAAN SAMISADE DESA LEUWIMEKAR, ADOPSI KEPENTINGAN WARGA


 
BOGOR - FBINEWS.NET

Pelaksanaan program bantuan keuangan pembangunan infrastruktur desa yang populer disebut program SAMISADE, mampu memberdayakan masyarakat desa, terutama yang tinggal di sekitar lokasi kegiatan program tersebut.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa (Kades) Leuwi Mekar, Kecamatan Leuwiliang, May Sumarno saat ditemui awak media di di Lokasi Launching Samisade kampung Pagelaran RT2, RW5 Kamis (26/8/21)


Dia menjelaskan, dari pelaksanaan program tersebut, selain terasa adanya manfaat fisik terbangunnya infrastruktur desa, juga berdampak perputaran ekonomi di desa.

“Masyarakat sekitar kami libatkan sebagai pekerja. Karena dalam program ini, sesuai arahan Kecamatan, digunakan sistem Padat Karya Tunai Desa (PKDT),” Jelas May Sumarno

Selain itu, lanjut Kades familier ini, menjelaskan, untuk TPT sepanjang 280.M, Lebar 1,5.m dengan ketebalan 0,4 semua pembelanjaan barang material juga dari warga sekitar. 


Kecuali untuk aspal hotmix Jalan Lingkungan, lanjutnya, pihaknya harus belanja ke salah satu perusahaan plat merah di Kabupaten Bogor, agar terjamin ketersediaan barang serta kualitasnya.

“Alhamdulillah, meski baru 40 persen program ini berjalan, namun sangat terasa manfaatnya oleh warga masyarakat,” May

Di Tempat yang sama Camat Leuwiliang H.Darwana Sulanjana SH, "Samisade merupakan Program yang bertujuan mendongkrak perekonomian desa “Proyek pembangunan jalan ini di kerjakan dengan sistem padat karya yang melibatkan penduduk setempat”, Tujuan kegiatan Padat Karya itu untuk pemberdayaan masyarakat serta membuka lapangan kerja bagi warga setempat.di saat pandemi Covid 19 "

Lebih lanjut pria Sarjana Hukum ini, mengingatkan bahwa pelaksanaan Program Samisade ini harus berjalan sesuai aturan yang sudah ada.”Untuk pekerjaan saya minta sesuai arahan teknis dari dinas ter­kait. Sementara tujuan pembangunan harus sesuai arahan Bupati Bogor Ade Yasin,” ujarnya.

Untuk diketahui Samisade merupakan inisiasi Bupati Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setiawan yang dananya berasal dari APBD Kabupaten Bogor(Mbah Kasdi Botak)
 Advertisement Here
 Advertisement Here