-->

Penerapan Disiplin Prokes TNI-Polri dan Pemerintah Kota Ternate Adakan Patroli Gabungan

 


TERNATE–FBI.News.net 


Komando Distrik Militer (Kodim) 1501/Ternate bersama Satgas Colovid-19 Kota Ternate, TNI ‐PoIri, Pemerintah Kota Ternate dan instansi terus melaksanakan Patroli Gabungan dalam rangka  penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan (4/10/2021).


Kegiatan penegakan disiplin protokol kesehatan diawali dengan apel gabungan yang dilaksanakan di halaman kantor Walikota Ternate, Kelurahan Muhajirin Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate.


Selaku pengambil apel dalam kegiatan tersebut Koordinator Bidang Penegakan hukum (Koorbid Gakkum) satgas Covid-19 Kota Ternate, Kaban Kesbangpol Kota Ternate, Abdullah Sadiq.




Abdullah menyampaikan, menjelang pelaksanaan STQ Nasional di Maluku Utara, satgas Covid Kota Ternate akan melakukan pengawasan ketat, karena para peserta bukan hanya tinggal di Sofifi, namun juga ada yang tinggal di Kota Ternate.


"Satgas Covid Kota Ternate akan ditempatkan disejumlah pos diantaranya, pos Bandara Babullah, Pelabuhan Ahmad Yani, Pelabuhan Semut dan Pelabuhan Fery Bastiong," tuturnya 


Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk melakukan pengawasan kepada masyarakat serta peserta STQ Nasional. Penempatan anggota dimasing-masing pos  akan dimulai sejak tanggal 10 Oktober 2021.


Abdullah menuturkan, Walikota Ternate juga memerintahkan agar kita dapat memberikan pelayanan yang prima dalam pengawasan prokes terhadap para khilafah. Dan nantinya satgas akan melakukan pengecekan kepada seluruh penumpang dan khalifah yang datang.

Setiap Khalifah yang datang biasanya menggunakan id card untuk penanda dan angkutan yang di gunakan sudah di sediakan jadi kita hanya mengarahkan.


"Untuk target vaksinasi di Kota Ternate sebanyak 151.689 orang, sasaran yang sudah di vaksin untuk vaksin pertama mencapai 55.388 orang, untuk vaksin kedua 23.845 orang dan untuk vaksin ketiga, untuk tenaga medis mencapai 203 orang," Terang Abdullah.


Ditempat terpisah, Komandan Kodim 1501/Ternate Letkol Inf Adi Sabaruddin S.Sos. Mengatakan, Ia dan jajarannya sangat mendukung kegiatan ini dalam penegakan hukum disiplin protokol kesehatan Covid-19 yang di Koordinir oleh satgas Covid Kota Ternate, memang kalau bukan kita siapa lagi kita TNI-Polri bersama Pemerintah daerah harus bersinergi dalam melaksanakan  kegiatan operasi patroli penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19.


Haranpan Dandim, satgas Covid 19 disamping operasi patroli pendisiplinan Protokol kesehatan Covid juga melakukan sosialisasi vaksin  kepada warga masyarakat di Kota Ternate, karena sampai saat ini Kota Ternate masih kurang presentasi yang sudah vaksin baik dosis 1 muapun dosis 2 ini dibandingkan dengan jumlah masyarakat yang ada di Kota Ternate ajak warga masyarakat untuk vaksin.


Karena masyarakat masih ada yang percaya dengan informasi hoax yang tidak jelas sumber asalnya informasi itu, jangan percaya dengan informasi palsu atau hoax, yang jelas bahwa vaksin ini aman dan halal. 


"Kemudian ia sampaikan, bahwa dalam pelaksanaan kegiatan operasi penegakan disiplin tentunya kita juga  dengan cara-cara yang humanis mengajak warga dengan baik dan berdoa semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir," ujarnya.


Adapun pelaksanaan  pengawasan dan pendisiplinan prokes  antara lain di  kelurahan Gamalama, belakang Benteng dan Kelurahan Salero Dodoku Ali.

 

Dari pantauan awak media bahwa dalam pelaksanaan kegiatan operasi Patroli Pendisiplinan Prokes Covid-19 Tim Satgas masih mendapatkan adanya beberapa masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, terjaring sebanyak 212 pengendara yang melanggar prokes, tidak memakai masker. 


"Selanjutnya para pelanggar diberikan edukasi tentang pentingnya mematuhi prokes disaat massa pandemi, Selain itu sebagian pelanggar juga diberikan sanksi sosial berupa Push Up dan menghafal Pancasila," pungkas Dandim (ILON HI.M Marsaoly)

 Advertisement Here
 Advertisement Here