-->

Hadapi Porprov Jatim 2023, Atlit Arung Jeram Kota Mojokerto Digenjot Latihan

 


Mojokerto - FBINEWS 

Cabang olahraga (cabor) arung jeram di Kota Mojokerto terbilang sangat baru. Pengurus Cabang (Pengcab) Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) belum setahun dibentuk. Namun pembinaan atlit olahraga air ini sudah semakin digenjot. Hal itu sebagai upaya untuk memunculkan atlit-atlit arung jeram yang berprestasi. 

Saat ini atlit diberikan latihan setiap hari  jam 15.00 WIB. Sedangkan hari Sabtu mulai jam 06.00 WIB di kali Ngotok, area jembatan Rejoto, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon. Sedang pada hari Minggu diberikan waktu istirahat. Latihan intensif ini juga sebagai persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi  (Porprov) Jawa Timur 2023 mendatang. 



Keberadaan area jembatan Rejoto sendiri memiliki dermaga serta bantaran sungai yang luas. Jadi ini cukup memfasilitasi atlit dalam berlatih keras. Selain berlatih secara langsung diatas perahu karet, para atlit juga digenjot dalam menguatkan tubuh melalui sit up dan pull up. 

Sit up adalah latihan ketahanan abdomen guna menguatkan serta mengencangkan otot-otot perut, dada, dan leher. Sedangkan pull up berguna untuk melatih kekuatan dan daya tahan otot-otot tubuh bagian atas seperti otot tangan, lengan, bahu, punggung, dada, dan perut. 

Adapun latihan di air akan bermanfaat pada penguatan fisik atlit, membangun penguasaan teknik, membangun kerjasama dalam tim, memberikan pengalaman psikologis hingga meningkatkan kepercayaan diri atlit. 

Ketua Umum KONI Kota Mojokerto Santoso Bekti Wibowo saat ditemui dilokasi latihan menyampaikan bahwa saat ini upaya untuk merekrut atlit arung jeram masih terus dilakukan. 

"Sosialisasi ke sekolah-sekolah tentang perekrutan atlit arung jeram masih terus dilakukan," ujar Santoso. 

Santoso juga menyampaikan bahwa dalam Porprov 2023 mendatang Pengcab FAJI Kota Mojokerto berupaya bisa mengikuti semua nomor kejuaraan yang ada. Utamanya pada nomor slalom dan sprint. Cabor arung jeram sendiri memiliki nomor pertandingan yaitu sprint, head to head, slalom dan down river race. 

Para atlit arung jeram juga menyambut dengan semangat program latihan yang diadakan oleh Pengcab FAJI Kota Mojokerto ini. Semua demi mengangkat kemampuan atlit. Saat ditanya soal target dalam ajang Porprov 2023 nanti, secara spontan atlit putri Deeva dan Diva menjawab bahwa mereka menargetkan untuk bisa meraih medali emas.



(Agus Buyut)

 Advertisement Here
 Advertisement Here