-->

Korlantas Soroti Dua Arah Jalur Perjalanan Mudik Jelang Operasi Ketupat 2023



Bandung – Fbinews

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi membuka rapat koordinasi (Rakor) persiapan operasi ketupat di Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/3/2023).


Kakorlantas mengungkapkan bahwa jalannya rakor dalam rangka kesiapan operasi ketupat demi menindaklanjuti arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada saat pembukaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Lantas 2023 kemarin.


“Hari ini kita terus menyempurnakan kesiapan-kesiapan pemerintah yang akan menghadapi arus mudik. Informasi dari Dirjen perhubungan Darat dari 85 juta tahun lalu sekarang jauh meningkat sangat signifikan 123 juta,” kata Kakorlantas kepada wartawan di sela-sela rakor.


“Artinya kita betul sungguh-sungguh menyiapkan sarana dan prasarana kita melakukan management traffic demi memastikan kelancaran ini bisa kita capai,” sambung dia.


Bahkan, Kakorlantas juga berencana mengadakan pembicaraan dengan Pertamina, Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan pihak-pihak di bidang kesehatan.


“Hari ini kita baru pembina yang ada di jalan dan penyeberangan nanti kita akan rapat lagi dengan pihak Pertamina (untuk) ketersediaan bahan bakar, kemudian dengan PLN dan (pihak) kesehatan dan sebagainya,” ungkap Kakorlantas.


Namun demikian, Irjen Firman mengungkapkan bahwa ada beberapa catatan terkait kesiapan jalur yang akan dilewati oleh pemudik khususnya perjalanan ke arah timur dari Jawa Barat hingga Jawa Tengah.


“Didasari pada anev (analisa dan evaluasi) tahun lalu, jadi untuk ke arah timur boleh saya sampaikan adalah wilayah Jawa Barat menuju ke Jawa tengah itu akan ada manajemen traffic sendiri karena juga di existing ruas jalan cikampek ke arah timur sudah bertambah satu jalur masing masing jadi a dan b. Sementara cipali masih dua, ini bottle neck,” tutur Kakorlantas.


Kemudian, Irjen Firman juga menyampaikan terkait kesiapan jalur menuju arah barat, mulai dari Banten hingga lajur penyeberangan ke Pulau Sumatera. Kakorlantas menyoroti kesiapan dua pelabuhan yakni Ciwandan dan Merak.


“Kita akan memfungsikan nanti dua pelabuhan yang akan kita terus monitor perkembangannya sesuai dengan hasil anev tahun lalu agak tersendat di Banten. Tahun ini kita dapat manajemen dan cara bertindak dengan rest area di sepanjang jalan menuju merak sampai kepada pengaturan fisik bangunan jalan dr mulai Cikuasa atas sampai pintu masuk pelabuhan buffering zone,” pungkas dia.


Sebagai informasi, Kakorlantas membuka agenda Rakor Kesiapan Operasi Ketupat Tahun 2023 dengan melibatkan berbagai Stakeholder seperti Kementerian Perhubungan, Jasa Raharja, BPJT, ASDP, Bina Marga hingga Kementerian PUPR.

**

 

 Advertisement Here
 Advertisement Here