-->

Sat Narkoba Polres Purwakarta Gelar Tes Urine Masal Kepada Sopir Angkutan Antar Kota Antar Provinsi


 
PURWAKARTA - FBINEWS 

Dalam mengantisipasi adanya pengemudi mengonsumsi narkoba yang dapat membahayakan penumpang, Polres Purwakarta lakukan tes urine massal bagi seluruh sopir angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Tes urine yang dilakukan Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) dan Satlantas Polres Purwakarta itu di gelar di Pos Pantau Cikopo, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta. 

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Lantas, AKP Warjo mengatakan, tes urine dan pemeriksaan kesehatan terhadap sopir bus ini merupakan salah satu pelayanan Polres Purwakarta bagi masyarakat yang akan mudik merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Tes urine sopir bus ini untuk memastikan tidak terindikasi mengonsumsi narkoba maupun obat terlarang lainnya yang dapat membahayakan perjalanan dan menyebabkan terjadinya kecelakaan," ucap Warjo, pada Senin, 3 April 2023.

Tujuannya, kata dia, memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang dan memastikan mudik lebaran tahun ini lancar serta Zero Accident.

"Tes urine ini sendiri akan terus dilaksanakan oleh petugas di setiap terminal. Hal ini guna memberikan keselamatan bagi penumpang di musim mudik Lebaran mendatang," ucap Warjo.

Warjo menambahkan, tes urine ini juga untuk mengantisipasi penggunaaan obat terlarang atau doping di kalangan para sopir dan angkutan umum yang lain.

"Kegiatan seperti ini merupakan kerjasama antara Satlantas dengan Satres Narkoba, dengan tujuan untuk menekan angka pengguna obat-obatan terlarang serta meminimalisir kasus kejadian laka lantas antar para pengguna jalan,” ucap Warjo. 

Ia mengungkapkan pemeriksaan tes urine itu akan terus digelar dalam waktu tertentu dan dilakukan secara acak terhadap sopir dan kernet angkutan umum di Kabupaten Purwakarta.

Warjo juga mengimbau sopir maupun kernet angkutan umum untuk tidak menggunakan narkoba maupun minuman beralkohol karena dampaknya bisa membahayakan diri sendiri dan penumpang.

"Pemeriksaan ini untuk yang melaksanakan perjalanan jauh agar lebih hati-hati mengemudi," ucapnya.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here