-->

Satuan Polair Polres Maluku Barat Daya Lakukan Patroli Perairan, Tingkatkan Pengawasan Aktifitas Nelayan di Laut.



Maluku Barat Daya – Fbinews

Dalam rangka upaya pemeliharaan kamtibmas perairan serta penegakkan hukum di laut pada wilayah hukum Polres Maluku Barat Daya, Satuan Polisi Perairan Polres Maluku Barat Daya melaksanakan kegiatan patroli perairan guna meningkatkan pengawasan terhadap nelayan yang melakukan aktifitas di Perairan Pulau Letti Kabupaten Maluku Barat Daya.


Kali ini anggota Satuan Polairud Polres MBD melakukan patroli perairan dengan menggunakan 1 unit kapal patroli Bhabinkamtibmas jenis C3 yang diawaki oleh Aipda A. Noya dengan mengikut sertakan 2 rekannya melakukan patroli pengawasan terhadap nelayan yang melakukan aktifitas di perairan pulau Letti pada Sabtu sore (24/06/2023).


Dalam kegiatan patroli tersebut petugas Polri juga menghimbau kepada para nelayan untuk tidak mengkonsumsi minuman keras, mengutamakan keselamatan dalam kegiatan penangkapan ikan, alat-alat keselamatan seperti live jaket tetap dibawa saat melakukan penangkapan ikan, tidak boleh menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, bahan peledak ataupun bahan kimia saat menangkap ikan yang nantinya dapat membahayakan diri sendiri ataupun orang lain.


Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K ketika dikonfirmasi oleh Seksi Humas Polres MBD via Hand Phone mengatakan, “ Patroli perairan rutin yang dilaksanakan oleh Satuan Polair Polres MBD sangatlah penting sebagai pelaksanaan tugas Kepolisian dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat nelayan yang melakukan aktifitasnya diperairan Kabupaten Maluku Barat Daya. “


Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, “ pelaksanaan patroli perairan yang dilakukan oleh anggota Satuan Polisi Perairan Polres MBD tak lain dan tak bukan adalah untuk mewujudkan kamtibmas perairan yang aman dan kondusif serta melakukan upaya penegakkan hukum apabila ditemukan adanya perbuatan tindak pidana yang terjadi di laut. “


“ Kehadiran anggota Polri ditengah-tengah masyarakat khususnya para nelayan yang melakukan aktifitas mencari ikan di laut sangatlah diperlukan dalam rangka memberikan himbauan kamtibmas perairan, hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mengerti dan melakukan usaha penangkapan ikan dengan tidak menyimpang dari aturan hukum yang ditetapkan oleh pemerintah, dengan adanya upaya pembinaan kepada masyarakat guna menurunkan angka kejahatan dibidang perikanan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dalam melaksanakan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. “ tutup Kapolres MBD.

**

 

 Advertisement Here
 Advertisement Here