-->

Sambut Hari Kemerdekaan Ke-78, Warga Aliman 1 Desa Sukamaju Buat Gapura Megah

 



Kab.Bogor - FBINEWS



Warga Aliman Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor, mulai menghias lingkungannya dengan nuansa merah putih. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).


Salah satunya membangun gapura di pintu masuk utama Dusun Aliman, Desa Sukamaju Biaya untuk membangun gapura barasal dari sumbangan warga. Meski hasil gotong royong, gapura dengan nuansa merah putih tersebut terlihat megah.


Material pembuatan gapura tidak semuanya menggunakan material baru. Beberapa di antaranya memanfaatkan barang bekas. Misalnya, pilar dibuat dengan aqua bekas wadah cat tembok. Namun, di tangan kreatif warga Aliman, nuansa lingkungan terlihat indah dengan gambar para pahlawan.





Ketua Rw 01 Dusun Aliman Ce’i mengatakan, pembangunan gapura itu berkat kekompakan warga. Khususnya, para pemuda yang tergabung dalam Ikatan Remaja Gang Aliman (IREGA)


”Alhamdulillah, setelah perjuangan beberapa hari, akhirnya gapura ini bisa berdiri. Ini berkat kekompakan warga dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 Republik Indonesia,” katanya.


Dia menjelaskan, pengerjaan gapura tersebut sekitar sepekan. Agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat, pengerjaan dilaksanakan malam hari. Namun, warga yang tidak memiliki aktivitas pada siang hari juga datang untuk membantu.


Dia menjelaskan, biaya yang digunakan untuk membuat gapura ini merupakan hasil swadaya masyarakat. Bahkan, pekerja tidak ada yang dibayar sepeser pun.


”Ini berkat kekompakan warga. Tidak ada bayaran. Istilah yang sering diucapkan Ferri yang menjadi arsitek pembangunan gapura ini, banyak kerja sedikit makan,” katanya diiringi tawa riang.



Baba Daud Sebagai Tokoh masyarakat menambahkan “Menghias jalanan dusun ini sering kali kami lakukan. Sebelumnya hanya inisiatif perorangan, tidak terkoordinasi. Untuk tahun ini antusias warga sangat luar biasa menyambut hari kemerdekaan ke 78 Saya berharap, di momen selanjutnya bisa lebih kompak lagi,” harapnya.


Selain menghias kampung, warga juga berencana menggelar lomba khas agustusan. Lomba tidak harus besar, yang penting menghibur. Warga bahagia menyambut hari istimewa itu sudah cukup." tutupnya"


F.A

 Advertisement Here
 Advertisement Here