-->

Wakili Kapolda Sulteng, Wakapolda Buka Rakernis Biddokkes, Berikut Harapan Pimpinan



Sulteng - Fbinews

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Agus Nugroho yang diwakili Wakapolda Brigjen Pol Soeseno Noerhandoko menghadiri sekaligus membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) jajaran Polda Sulawesi Tengah T.A 2023, Senin 7 Agustus 2023, di Hotel Jazz Palu.


Pelaksanaan kegiatan Rakernis ini merupakan tindaklanjut dari pelaksanaan Rakernis tingkat Mabes Polri yang telah dilaksanakan pada Tanggal 2 Maret 2023, yang bertujuan meningkatkan profesinalisme personel khususnya tenaga kesehatan dan peralatan medis Biddokkes Polda Sulawesi Tengah dalam mendukung pelayanan kesehatan.


Adapun maksud dan tujuan kegiatan tersebut yakni meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam pelaksanaan identifikasi pada saat penanganan korban meninggal saat bencana, dengan tujuan untuk dijadikan pedoman dalam rangka penyelenggaraan pelaksanaan identifikasi korban meninggal dunia.




“Akibat dari kejadian bencana, sering kali korban sulit dikenali, maka penting dilakukan identifikasi dalam hal ini proses Disaster Victim Identification (DVI) untuk dapat memastikan identitas dari masing-masing korban,” ucap Wakapolda Sulteng.


Wakapolda juga menuturkan, mengingat hal ini terkait dengan aspek Hak Asasi Manusia, pemastian kematian seseorang secara resmi dan yuridis, untuk kepentingan administratif, kepentingan klaim dalam hukum perdata atau pidana, klaim asuransi dan sebagai awal dari proses penyidikan.


“Proses identifikasi menjadi satu hal yang wajib untuk dilakukan terhadap korban bencana. Keakuratan dan ketetapan atas hasil dari proses identifikasi menjadi mutlak, sehingga diperlukan tenaga-tenaga yang profesional dan terampil, agar kesalahan ataupun kekeliruan dalam proses identifikasi dapat diminimalisasi atau bahan ditiadakan,” tutur Wakapolda.


Dengan mengangkat tema “Kita Wujudkan Personel Polri yang Presisi untuk Negeri dalam Melaksanakan Identifikasi Korban Bencana dan Siap Menuju Pemilu Damai 2024” itu, Wakapolda Sulteng berharap agar para personel yang mengikuti pelatihan mampu melaksanakan tugas yang terkait dengan kemampuan penanganan korban bencana dalam mewujudkan personel yang terlatih, handal, professional, dan terpercaya dalam menangani bencana alam diwilayah Sulwesi Tengah.

**


 Advertisement Here
 Advertisement Here