-->

Brigjen Elkines Villando Dewangga Sampaikan Amanat Panglima di Upacara HUT TNI Ke-78


 
Ternate - FBINEWS 

Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-78 Tahun 2023, Jajaran TNI Wilayah Provinsi Maluku Utara menggelar upacara dengan mengusung tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju” yang dilaksanakan di lapangan Yonif 732/Banau, Desa Porniti Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Kamis (5/10/2023).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Korem 152/Baabullah, Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga dan Komandan upacara yaitu, Danyonif 732/Banau, Letnan Kolonel Inf Wahyu.



Dalam amanat Panglima TNI yang di bacakan oleh Inspektur upacara Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga, menyampaikan, Keberhasilan TNI selama 78 tahun dalam pengabdiannya yang telah hadir menjalankan amanah sebagai garda terdepan benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, tantangan terhadap kelestarian negara, keutuhan wilayah, juga keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik.

"Berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga survei tanah air, TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri," ucapnya.

Olehnya itu, Panglima TNI mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini.
Terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah diraih, agar TNI tidak boleh terlena, karena beragam tantangan kedepan yang sedang dan akan dihadapi tidaklah ringan.

Karena setelah Pandemi Covid-19 mereda, dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial. Situasi geopolitik dan ekonomi juga dipenuhi dengan konflik dan krisis di berbagai belahan dunia. Dalam lingkup nasional beragam potensi ancaman juga semakin kompleks. 

"Di momentum ulang tahun ke-78 TNI harus jadi bahan introspeksi untuk berbenah mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh," maunya.

Dengan tema peringatan HUT ke-78 TNI yakni TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju, Panglima TNI menegaskan hal itu mengandung makna bahwa, kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Ditambahkannya, tema itu sengaja diangkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah Pemilu serentak tahun 2024. Karena menurutnya, kelancaran dan keberhasilan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan.

Menyikapi kondisi tersebut, Panglima TNI memerintahkan, para prajurit TNI untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. Mengingat TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.

Menghadapi spektrum ancaman ke depan yang semakin luas dan kompleks Laksamana Yudo Margono mengatakan, negara akan terus hadir untuk terus meningkatkan kapabilitas pertahanan yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI dapat menjadi kekuatan pertahanan negara yang modern dan mampu berperan aktif serta memiliki daya gentar tinggi di lingkungan strategis, regional maupun global.

"Acara HUT ke 78 TNI di wilayah Maluku Utara dimeriahkan juga dengan pembagian hadiah lomba menembak, hadiah lomba pemberitaan jurnalistik, penampilan tarian klosal oleh prajurit Yonif 732/Banau beserta persit, demonstrasi beladiri yongmodo oleh prajurit - prajurit Yonif 732/banau serta panggung hiburan masyarakat," tutupnya.

Hadir dalam Kegiatan itu, Gubernur Malut yang diwakili Asisten 1 Sekda Malut, Kapolda Malut, Kabinda Malut, Kepala BNNP Malut, Kejati Malut diwakili, Kadilti Malut diwakili, Danlanal Ternate, Danlanud Leo Watimena Morotai, Dansat Brimob Polda Malut, Wakil Bupati Halbar beserta unsur Forkopi Halbar, Sultan Jailolo, Para PJU Polda Malut, PJU Korem 152/Baabullah, Dansat/Kabalakrem, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 152 PD XVI Pattimura juga pengurus, Ketua Jalasenastri Lanal Ternate, Ketua Pia Ardhya Garini Lanud Morotai beserta pengurus, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para ketua Organisasi Kepemudaan.

ILON HI.M MARSAOLY

 Advertisement Here
 Advertisement Here