-->

PEMERINTAH KECAMATAN DAN PEMDES MANDAONG TERJUN LANGSUNG MENILAI LINGKUNGAN DI SETIAP RT.


Halsel - Fbinews 

Dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke - 108 desa mandaong kecamatan bacan selatan kabupaten halmahera selatan (Halsel) provinsi maluku utara (Malut ) berbagai macam kegiatan di laksanakan oleh pemerintah desa mandaong.

Kegiatan mata lomba yang di laksanakan oleh pemdes Mandaong seperti, lomba kebersihan lingkungan, bola dangdut, gerak jalan poco - poco, motor lambat, lomba pidato dan lain sebagainya.



Pantauan media ini, Tim penilai dari kecamatan adalah, Nasruddin Hasan, SE (Camat Bacan Selatan), Norma Solar (Sekcam), Hesti Boky Gani Arif (Plt. Seksi Pelayanan), Fitria Adsyura (Staf), Herlina (Staf), Surtla Ahmad (Staf), Siti Hadija Iskandar Alam dan Nofianto Tarafanur, sedangkan tim dari desa yaitu, Kepala desa (Wahyudi Samad) di dampingi ibu ( Safina M. Sadi ), Kasi Pemerintahan ( Ayub Ratuella ), Kasi Pelayanan ( Sahlan Sidikun, S.Hut ) dan Kaur Keuangan ( Dewi Sartika, ST ).

Nasruddin Hasan, SE saat di Wawancara media ini mengatakan bahwa, ada beberapa kriteria yang kami pakai untuk melakukan penilaian kebersihan di lingkungan yaitu, kebersihan grainase, pembuangan sampa pada tempatnya dan Administrasi di tingkat Rt serta tata kelola ruang penghijauan ucap Nasruddin Hasan, SE.

Kalau persoalan lingkungan mana atau Rt. mana yang keluar sebagai juara nanti serahkan kan saja di panitia penilaian, kami dari panitia tetap objektif dalam melakukan penilaian tampa pilih kasih, pada prinsipnya kami tim panitia dari kecamatan dan desa tetap objektif ucap Nasruddin.

" Terkait dengan penanganan sampa Nasruddin menyampaikan bahwa, masyarakat ini banyak belum memahami tentang sampa dalam rumah tangga karna ada dua jenis sampa yaitu sampa organik dan non organik tegas Nasruddin, jadi yang organik tadi sebelum di buang ke tempat sampa harus sudah pemilahan ucap nya.

Di singgungan terkait dengan kebersihan lingkungan di tingkat Rt, Nasruddin mengatakan, kalau mengenai lingkungan yang paling bersih, itu saya ambil rata - rata seperti Rt. 01.02.03.04 dan Rt. 06 ini merupakan kawasan pemukiman dan penduduk nya padat tapi Alhamdulillah dari sisi kebersihan masih kita temukan tetapi juga ada beberapa Rt. yang grainase nya tergenang dengan sampa, tapi menurut saya rata - rata delapan Rt di desa mandaong semua nya bersih jelas camat bacan selatan Nasruddin Hasan, SE.

Kalau terkait dengan Administrasi di tingkat Rt, menurut Camat Nasruddin erte satu bagus sekali dan juga ada beberapa erte yang kami temukan itu Alhamdulillah mereka punya cara pelayanan dan pengarsipan sudah bagus tetapi harus ada pembinaan dari pemerintah desa tentang penyimpanan Arsip yang benar pungkasnya.

Sementara kepala desa mandaong ( Kades ) Yudi panggilan akrabnya saat di Wawancara mengatakan, pada prinsipnya saya tidak mencampuri persoalan penilaian karna saya sudah percayakan kepada Staf" yang sudah di tunjuk untuk bersama tim penilaian dari kecamatan terjun langsung melihat, menyaksikan kebersihan di lingkungan Rt. masing - masing ucap kades.

" Saya yakin dan percaya panitia penilaian selalu obyektif dalam melaksanakan tugas nya secara baik, dan disini tidak ada pilih - pilih kasih dalam penilaian lingkungan yang bersih karna ini semua nya saya punya warga tampa memandang suku maupun agama, yang jelas kebersihan lingkungan di desa mandaong saya punya masyarakat sudah peduli tentang kebersihan tegas yudi.

Alhamdulillah di tahun - tahun yang akan datang kami dari pemerintah desa bersama pemuda - pemudi serta warga masyarakat akan menampilkan lebih baik lagi, dan Alhamdulillah peduli lingkungan, kerukunan, gotong royong serta kebersamaan masyarakat saya selalu hidup berdampingan tutup "Wahyudi Samad" (Kades) **LM**
 

 Advertisement Here
 Advertisement Here