-->

KETUA IKAMATI MENERIMA CENDRAMATA DARI KETUA TP-PKK KABUPATEN HALMAHERA SELATAN USAI DISKUSI TENTANG BACARITA LEPAS KEBIASAAN PAGUYUBAN JELANG BULAN RAMADHAN


Halsel - Fbinews 

Kepala Dinas ( Kadis ) Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol ) Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara "RAMON RAMONI" yang juga Ketua Ikatan Maluku dan Timur ( Ikamati ) hadiri kegiatan Podcast temu toko adat bersama Ketua TP-PKK Halmahera Selatan Rifa'at Al Sa'adah Sabtu 23/3/2024..

Kegiatan ini di laksanakan di pendopo kediaman Bupati desa papaloang kecamatan bacan selatan dan di hadiri oleh empat ketua paguyuban yaitu, Paguyuban KKIG, Paguyuban KKIS, Paguyuban BAJO dan Paguyuban Ikamati.



Maksud kegiatan ini bertujuan untuk menggali informasi dan pengetahuan tentang tradisi dan kebiasaan unik yang di lakukan oleh paguyuban - paguyuban di kabupaten halmahera selatan selama bulan Ramadhan, selain itu kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa toleransi dan kerukunan antar umat beragama di wilayah Halmahera Selatan.

Ketua ikatan maluku dan timur saat di Wawancara Media ini mengatakan bahwa, Kebiasaan orang Maluku saat memasuki bulan Ramadhan atau jelan bulan puasa warga masyarakat berbondong-bondong membersihkan kuburan, tempat - tempat ibada dan malam nya berbaca doa, dan yang paling penting lagi persiapan - persiapan puasa sudah di siapkan selama satu bulan penuh ucap Ketua Ikamati yang di panggil dengan sebutan Ramon.

" Ramon panggilan akrabnya ketua Ikamati halsel danjuga kadis Kesbangpol yang baru saja menjabat ini juga menyampaikan terkait tradisi orang maluku dalam menghadapi malma Lailatul Qadar atau biasa di sebut dengan malam Ela - ela itu, tradisi orang maluku selalu menyiapkan maknan - makanan tradisional seperti ketupat - ketupat yang sudah di anyam dengan berbagi model sehingga semarak malam Lailatul Qadar menjadi semarak, dan juga makanan has seperti kue lovis yang di buat dari beras pulut dan di tabur ampas serta di siram dengan gula merah tutur Ramon Ramoni.

Dia juga sangat mengapresiasi kegiatan yang laksanakan oleh TP - PKK Kabupaten Halmahera Selatan, dan dia berharap kegiatan ini di laksanakan setiap tahun agar silaturahmi antar paguyuban - paguyuban bisa terjalin dengan baik ucap Ramon.

Sementara Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) kabupaten halmahera selatan Rifa'at Al - Sa'adah mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak/Ibu ketua paguyuban yang hadir memenuhi undangan TP - PKK dalam rangka "Bacarita Lepas Tentang Kebiasaan Pagyuban di bulan Ramadhan Ucap Ketua TP-PKK halsel ini.

" Istri orang Nomor satu di halsel ini juga mengatakan, kegiatan ini Esensi nya adalah kami ingin membuat sebuah pernyataan atau simbol bahwa bumi saruma ini benar - benar memiliki kebersamaan di antara banyak perbedaan, dan beliau juga berharap kedepannya kegiatan - kegiatan seperti ini bisa di laksanakan kemabali tutup ketua TP-PK Kabupaten Halmahera Selatan.

Selesai kegiatan Ketua TP-PKK memberikan Cendramata kepada ke-empat ketua Paguyuban yang hadir pada Diskusi temu toko adat bersama TP-PKK. ( LM )

 Advertisement Here
 Advertisement Here