2017/10/17

Camat Barus Sudah Cek Permen Mengandung Zat Narkoba, Bagaimana Kecamatan Lain

Tags

Foto: Camat Barus, Para Kepala Sekolah dan pihak Puskesmas.

Tapteng - FBINews

Menindaklanjuti intruksi Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani soal pengawasan atas peredaran permen yang mengandung zat-zat narkoba dan berbahaya bila dikonsumsi anak, Kepala Sekolah (Kepsek) se-Tapteng lakukan pengecekan permen disetiap kantin sekolah masing-masing.

Hal itu disampaikan oleh Plt Dinas Pendidikan dan Kebuyaan Tapteng, Herman Suwito kepada wartawan, Senin (16/10).

"Sudah, sudah mulai hari ini, terkait arahan dan petunjuk dari pak Bupati, untuk saat ini ya belum ada laporan terkait dengan penemuan permen-permen yang mencurigakan, karna kalo kantin yang didalam lebih cenderung menjual makan-makanan,"ujar Herman sembari menuturkan dibeberapa kecamatan pengawasan itu turut diikuti Camat.

Herman menuturkan, pengecekan yang dilakukan itu, yaitu berupa permen yang berbentuk unik, antik, dan menarik yang membuat anak sekolah membeli dan mencobanya."Ada itu permen yang unik, antik dan menarik yang ternyata itu mengandung zat-zat narkoba,"jelasnya.

Dijelaskannya, langkah lain untuk mengantisipasi peredaran permen yang berbahaya itu, Ia telah mengintruksikan kepada Kepala Sekolah untuk membenahi kantin-kantin di sekolah.

"Saat rapat-rapat kita sudah sampaikan, soal keamanan dan kenyamanan untuk berjualan, sudah kita sampaikan ke kepala sekolah, paling tidak membenahi kantin didalam, sehingga anak-anak itu jajan ya didalam dan lebih terjamin, tidak diluar, dan itu sudah dilaksanakan,"katanya.

Yang dikawatirkan, lanjut Herman, yaitu kantin yang berada di luar sekolah yang pengawasannya tidak dapat dimaksimalkan pihaknya. Meski demikian, pihaknya tetap melakukan sosialisasi dan himbauan agar para siswa/i di sekolah tidak jajan sembarangan.

"Tinggal lagi diluar sekolah kita tidak punya akses terlalu jauh, paling menghimbau kepada anak-anak melalui kepala sekolah, guru-guru, untuk tetap berhati-hati, ia yang kita kawatirkan yang diluar,"ucap Herman.

Ditegaskannya, untuk pengawasan sesuai intruksi Bupati Tapteng itu, pihaknya akan terus melaksanakan dan melakukan pemantauan sehingga anak didik Tapteng tidak menjadi korban atas keganasan narkoba yang semakin marak saat ini.

"Pengawasan akan dilakukan terus, kita mengantisipasi jangan sampai kejadian beberapa daerah lain terjadi di tapteng. Kita imbau, kita upayakan, kita sosialisasikan ke anak-anak sekolah melalui kepala sekolah untuk tidak membeli permen-permen yang lain terlebih bentuknya lain-lain,"tegasnya.

Rommy p


EmoticonEmoticon