2019/01/24

Amin Ma'ruf Dan Basuki Tjahaja purnama Di Harapkan Bisa Rekonsiliasi

Tags

JAKARTA - FBINews.net

Pengamat Politik, Adi Prayitno, menyarankan calon wakil presiden nomor urut Ma’ruf Amin untuk melakukan rekonsiliasi, menyusul bebasnya Basuki Tjahaja Purnama (BTP). Menurutnya tidak berlebihan jika Ma’ruf mengucapkan selamat kepada BTP atas kebebasannya.

Diketahui Ma’ruf pernah menjadi saksi ahli yang memberatkan dalam kasus penodaan agama di PN Jakarta Utara dengan terdakwa BTP.

“Saya kira harus ada rekonsiliasi dengan Ahok. Tidak berlebihan kalau Kiai Ma’ruf menyambut, mengucapkan selamat. Itu sebagai salah satu bentuk apresiasi seremonial terhadap Ahok, sekalipun dulu berbeda secara politik,” katanya saat dihubungi di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Adi menjelaskan, langkah Kiai Ma’ruf merangkul BTP bisa menetralisir anggapan kelompok-kelompok pendukungnya bahwa Ma’ruf mewakili kelompok kanan. “Ini ujian pertama bagi Kiai Maruf Amin untuk mengubah citra, agar tidak selalu dikesankan sebagai masa lalunya,” imbuhnya.

Diakuinya, banyak pendukung Jokowi yang loyal di 2014 namun melempem di 2019, salah satunya disebabkan sosok Ma’ruf yang dianggap memenjarakan BTP. Dia karena itu menyarankan Ma’ruf mulai menampilkan citra sebagai pemimpin yang inklusif.

“Kiai Ma’ruf Amin harus rajin juga mendatangi basis-basis yang selama ini tidak koperatif dengan dia. Kelompok-kelompok Ahoker misalnya atau kelompok minoritas,” terang dia.

“Artinya harus memperluas jaringan sosialnya, tidak hanya di kalangan pesantren. Ini untuk menunjukkan bahwa Kyai Ma’ruf ini plural. Dia ini adalah kita banget seperti yang selama ini menjadi tagline Jokowi, diterima banyak kalangan,” pungkas Adi.

Ucok Horlas


EmoticonEmoticon