2019/09/30

Pembatasan waktu operasional angkutan berat Solusi tepat mengurangi LAKALANTAS di Kabupaten Bekasi*


Bekasi - Fbinews.net


Mendorong langkah Pemkab Bekasi dan Dprd untuk segera menyusun dan mengesahkan UU pembatasan Jalan atau mengatur jam operasional angkutan berat di jalan raya Bekasi,pertimbangan nya angkutan berat seperti dump truk pengangkut tanah ini banyak menimbulkan berbagai masalah ,baik dari segi masalah safety  dan masalah over load muatannya kata Toto sugiarto sebagai ketua DPC FBI

Hal ini sejalan dengan langkah yang akan diambil
Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang akan membatasi jam operasional truk jungkit (dump truck) pengangkut tanah yang kerap melintas di Jalan Raya Babelan. Kebijakan ini terkait dengan keberadaan truk yang dapat merusak jalan, dan truk yang kerap menjadi penyebab kecelakaan.

Dalam jumpa pers di cikarang, (29/9)  Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna menegaskan  " akan segera  membuat aturan yang membatasi operasional dump truck di Jalan Raya Babelan," 

Menurutnya, Jalan Raya Babelan hanya dapat dilintasi kendaraan dengan bobot maksimal delapan ton sementara truk pengangkut tanah ini melebihi bobot tersebut.

"Kerusakan jalan kerap terjadi apabila kendaraan dump truck tidak tertib operasional," tegasnya

Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama warga Babelan dan DPRD Kabupaten Bekasi serta pemangku kepentingan lainnya telah menyikapi permasalahan yang terjadi belakangan ini. Dari hasil musyawarah disepakati, operasional dump truck di Jalan Raya Babelan diperbolehkan melintas hanya pada pukul 22.00–05.00 WIB.

"Kami akan memberikan surat edaran kepada masing-masing perusahaan serta operator dump truck agar memperhatikan jam operasional truk," ungkapnya.

DPRD Kabupaten Bekasi dalam hal ini harus menjadi martir terbit nya UU tsb. Menjadi konsen dan bagian Visi kami dari DPC FBI Kabupaten Bekasi untuk program SAFETY CAMPAIGNE yang akan kita kampanyekan kepada masyarakat dengan cara  mengajak seluruh elemen  masyarakat,pelaku usaha , pemerintah daerah dan Kepolisian untuk bersama-sama  mensosialisasikan  potensi bahaya di jalan raya dan konsen dalam hal menurunkan tingkat LAKALANTAS di Kabupaten Bekasi,tanpa dukungan semua elemen hal ini akan sulit terwujud 

Salam Bhayangkara

Source : FBI DPC Bekasi


EmoticonEmoticon