-->

Dandim 0209 menggelar upacara peringatan HUT ke 74 TNI


Labuhanbatu - Fbinews.net

Dandim 0209 Labuhanbatu menggelar upacara peringatan HUT ke 74 TNI di Lapangan Makodim 0209 Jalan Padang Matinggi Rantauprapat, Sabtu (5/10/2019).

Di warnai HUT Ke 74 Seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI, beserta seluruh keluarga besar TNI, Dandim 0209 LB, Letkol Inf Santoso membacakan amanat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan mengucapkan selamat HUT ke ke-74 TNI.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Djarot SIK MH juga turut memeriahkan dan memberi ucapan Rasa Syukur kepada TNI  KE -74 Kepada Dandim 0209 LB Dalam Profesional Kebanggaan Rakya.

"  seluruh Prajurit dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitasnya, dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan rakyat, bangsa dan negara.

Dandim menyampaikan peringatan ini harus disyukuri sekaligus menjadi tema pokok pada kegiatan HUT ke-74 ini adalah TNI Profesional Kebanggaan Rakyat," tegasnya.

Dalam kesempatan ini, selaku Panglima TNI dan atas nama seluruh prajurit, PNS TNI beserta keluarga besar TNI, dirinya ucapkan rasa hormat dan bela sungkawa yang mendalam atas gugurnya prajurit-prajurit terbaik TNI dalam melaksanakan tugas negara.

 Tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai Negara.

Kemudian perang serta konvensional dengan menggeser dimensi waktu, karena perang-perang tersebut terjadi di masa damai. Adanyapotensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat. Ancaman militer dan nir militer berubah dan TNI harus siap menghadapinya," Pungkasnya

Dari kompleksitas ancaman di atas, diperlukan kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan. 

Kemajuan pembangunan kekuatan TNI, telah dibentuk beberapa organisasi baru pada kurun waktu 2018 - 2019 yaitu :

Pembentukan Divisi Infanteri-3/Kostrad, Koarmada III, Koopsau III dan Pasmar-3 Korps Marinir pada tanggal 11Mei 2018, guna menghadapi trouble spot diwilayah Indonesia bagian timur.

Pembentukan Satuan TNI Terintegrasi (STT) Natuna pada tanggal 18 Desember 2018 sebagai pangkalan aju bagi unsur-unsur TNI yang beroperasi di wilayah utara Indonesia.

Pembentukan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI pada tanggal 30 Juli 2019 untuk menyelenggarakan operasi khusus guna menyelamatkan kepentingan nasional di dalam maupun di luar wilayah NKRI, serta Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, II dan III pada tanggal 27 September 2019 untuk menyelenggarakan kampanye militer, operasi gabungan dan operasi lainnya 
dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI.

Pelaksanaan Tugas TNI harus  bersinergi dengan berbagai komponen bangsa lainnya, berbagai kekuatan dan bersatu  akan menghasilkan energi yang luar biasa bagi kemajuan bangsa Tanah air .

"Saya akan memberikan penekanan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI dimanapun berada dan bertugas, agar dipedomani dan dilaksanakan," tandanya

Adapun Sebagai Berikut dalam penekanan Panglima terhadap seluruh TNI :

Perkokoh iman dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta luaskan hati untuk terus beribadah, karena hanya kepada-Nya lah kita berserah diri.

Tingkatkan soliditas TNI, pegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Tingkatkan kewaspadaan dan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang kian kompleks.

Sikapi berbagai kemajuan dengan bijak, jadilah agen perubahan yang positif.

Jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini.

Monang Sitohang


 Advertisement Here
 Advertisement Here