-->

SERTIJAB KAKORPOLAIRUD, KEPEMIMPINAN BARU SEGARKAN ORGANISASI KORPOLAIRUD BAHARKAM POLRI





Jakarta - Fbinews.net

Jabatan Kepala Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud) Baharkam Polri resmi berganti, berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST / 2852 / X /KEP / 2019 tanggal 21 Oktober 2019 maka Irjen Pol. Drs. Zulkarnaen Adinegara selanjutnya dimutasikan sebagai Pati Baharkam Polri. Sebagai penggantinya, Kapolri menunjuk Brigjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum yang sebelumnya menjabat sebagai Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri sebagai Kakorpolairud yang baru.

Pelaksanaan upacara serah terima jabatan posisi strategis di jajaran Baharkam Polri ini, dilaksanakan pada Rabu (30/10/2019) bertempat di Mako Ditpolair Korpolairud Tanjung Priok Jakarta dan berlangsung dengan khidmat dan tertib.

Sementara itu sebagai rangkaian kegiatan serah terima jabatan, sehari sebelumnya telah dilaksanakan pemaparan dan penyerahan Laporan Satuan (Lapsat) oleh pejabat lama kepada pejabat baru yang berlangsung di ruang Crisis Center Ditpolair Korpolairud.

Upacara Sertijab Kakorpolairud diikuti oleh peserta Parade dari unsur Personel Jajaran Baharkam Polri (Kompi Ditpolair, Kompi Ditpoludara, Kompi Sabhara dan Kompi Binmas serta ASN) dan dihadiri oleh tamu undangan pejabat dari seluruh unsur Maritim Jakarta, unsur TNI, Purnawirawan, ICITAP,  IOM dan juga Bhayangkari.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol. Drs. Condro Kirono, S.H., M.M. Yang sekaligus kemudian memimpin prosesi serah terima Pataka 'Nityacas Samapta' Korpolairud, pengambilan sumpah jabatan, serta penandatanganan berita acara serah terima dan pakta integritas.

"Pergantian jabatan di Kepolisian ini merupakan sesuatu yang lumrah, maksud dan tujuannya adalah bagaimana melakukan penyegaran dan pembinaan dari sebuah organisasi, termasuk Korpolairud ini. Kita ketahui bersama bahwa walaupun cukup singkat, berbagai prestasi sudah ditorehkan oleh jajaran Korpolairud di bawah Kepemimpinan Irjen Zulkarnaen", ucap Kabaharkam mengawali sambutannya.

Kita ketahui bersama, Indonesia ini adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dimana 2/3 luas wilayahnya adalah merupakan lautan. Sebagai negara maritim yang letaknya sangat strategis di antara dua benua dan dua samudera ini tentu berdampak terhadap munculnya berbagai ancaman tindak pidana di wilayah perairan. Menjadi sebuah kewajiban bagi Polri khususnya Korpolairud untuk mewujudkan situasi keamanan perairan yang kondusif guna menopang perekonomian negara", lanjutnya.

Lebih lanjut Komjen Condro mengatakan bahwa Korpolairud selama ini telah berhasil mengukir prestasi yang cukup membanggakan. Kinerjanya cukup efektif, dengan berhasil mengungkap berbagai kasus tindak pidana seperti illegal fishing, illegal minning, kasus narkoba, penyelundupan, illegal logging maupun tindak pidana yang berkaitan dengan KSDA. Tugas - tugas kemanusiaan dalam rangka tanggap darurat bencana maupun tugas Operasi Khusus dapat diikuti dan dilaksanakan dengan sangat baik. 

Dalam bidang SDM, baik dari segi kuantitas maupun kualitas juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
"Namun semua itu harus terus ditingkatkan, penambahan Alut dan Almatsus berupa kapal dan pesawat atau heli harus diimbangi dengan peningkatan kemampuan personel atau Sumber Daya Manusia. Kapal patroli Polair sekarang ini banyak yang baru - baru dan canggih tehnologinya, begitu pula pesawat atau heli coupter Poludara", lanjutnya.

Kabaharkam meyakini bahwa tantangan tugas Korpolairud yang cukup berat dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, memelihara Harkamtibmas dan menegakkan hukum di perairan, akan mampu dijawab oleh Kakorpolairud yang baru.

"Dengan pengalaman bliau yang pernah menjabat sebagai Waka Polda Sulawesi Utara dan sebagai Direktur Kepolisian Perairan selama hampir 3 tahun ini, saya yakin Brigjen Latif akan mampu melaksanakan tugas dan amanah sebagai Kakorpolairud dengan sebaik - baiknya", pungkas Kabaharkam.

Selama kepemimpinan Brigjen Pol. Latif sebagai Dirpolair Korpolairud, maka telah banyak prestasi yang berhasil diwujudkan oleh Ditpolair Korpolairud baik dalam kegiatan preemtif, preventif maupun penegakan hukum (represif). Berbagai kasus - kasus menonjol dalam negeri maupun penanganan kapal - kapal ikan asing (KIA) yang terlibat dalam tindak pidana illegal fishing berhasil diungkap dan diproses. Selain itu juga telah banyak ide - ide kreatif dan inovasi yang telah dilakukan antara lain dengan memimpin langsung patroli pelayaran bersama anggota KP. Beo - 5013 dan KP. Yudistira - 8003 dari Jakarta menuju Perairan Kepri. Kemudian di bidang Kemitraan, Ditpolair menjadi inisiator dalam melaksanakan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke - 74 dengan menggelar Upacara di laut bersama para nelayan yang akhirnya mendapatkan Rekor Dunia MURI sebagai Upacara terbesar di laut dengan peserta parade kapal ikan di tahun 2019, serta kebijakan dalam pengembangan dan peningkatan profesionalisme dan kesejahteraan anggota Polair.

Sementara itu Brigjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum dalam sambutannya pada acara ramah tamah yang digelar setelah Upacara Sertijab, bertekad melanjutkan program kerja Kakorpolairud sebelumnya dan akan membuat kebijakan - kebijakan strategis guna peningkatan kinerja Kesatuan.

Brigjen Latif juga memberikan apresiasi kepada seluruh tamu undangan dan stakeholder maritim yang hadir dalam upacara Sertijab.
"Terima kasih kepada seluruh tamu undangan sekalian yang hadir pada hari ini, dari Unsur TNI, Dishidros, Bakamla, PSDKP, Unsur Maritim Muara Baru, Kemen Hubla, Basarnas, Dirpolairud Polda, Purnawirawan serta Bhayangkari. Sekali lagi terima kasih atas sinergi dan kerjasamanya yang baik selama ini, dan tentunya sudah seharusnya sinergi yang baik itu kiranya dapat lebih ditingkatkan lagi", ucapnya.

Lebih lanjut atas nama Kesatuan, Kakorpolairud menyampaikan ucapan terima kasih kepada Irjen Pol. Zulkarnaen yang sudah menjabat selama ini dengan berbagai pencapaian prestasi kerjanya.

Pantauan Humas Ditpolair Mabes, seluruh rangkaian kegiatan Sertijab Kakorpolairud Baharkan Polri berjalan dengan tertib, khidmat dan lancar.

Source : Humas Ditpolair Mabes
 Advertisement Here
 Advertisement Here