-->

Rapat Terbatas (melalui Video Conference) Percepatan Penanganan Pandemi COVID-19 di Istana Merdeka


Jakarta - Fbinews.net

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ratas pada siang hari ini saya ingin menekankan beberapa hal untuk menjadi perhatian, baik para Menteri maupun Ketua Gugus Tugas.

Yang pertama, yang berkaitan dengan pengendalian arus balik. Ini penting untuk kita kendalikan agar tidak terjadi sirkulasi bolak-balik dalam penyebaran virus yang berpotensi untuk memunculkan gelombang yang kedua, utamanya di wilayah Jabodetabek. 

Karena saya melihat, data terakhir tadi pagi tren untuk R0 maupun Rt dari DKI Jakarta sudah di bawah 1 sehingga ini perlu terus kita tekan agar lebih menurun lagi.

Kemudian yang kedua, saya ingin Gugus Tugas dan Kementerian juga fokus pada provinsi yang memiliki kasus barunya cukup tinggi. 

Di Jawa, terutama agar dibantu, diberikan dukungan penuh untuk Provinsi Jawa Timur, terutama yang berkaitan dengan kesiapan rumah sakit rujukan dan rumah sakit daruratnya. 

Ini Pak Menteri Kesehatan juga Ketua Gugus Tugas betul-betul saya minta Jawa Timur menjadi perhatian. 

Kemudian juga yang berkaitan dengan percepatan pengujian sampel, pelacakan untuk yang terpapar di Jawa Timur betul-betul dilaksanakan langkah-langkah pengendalian. 

Termasuk juga provinsi yang lain di luar Jawa yang penambahannya masih cukup tinggi, yaitu di Sulawesi Selatan, di Kalimantan Selatan, di Sumatra Selatan, di Papua, di NTB.

Kemudian yang ketiga, saya minta target uji spesimen 10.000 per hari yang sudah saya berikan target beberapa bulan yang lalu agar ini dikejar sehingga betul-betul ada sebuah kecepatan.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini.


Mujahidin
 Advertisement Here
 Advertisement Here