2020/10/11

PEMDA KBB PULANGKAN TKW ILEGAL ASAL CILILIN YANG SAKIT DI ARAB SAUDI

Tags



Bandung barat - Fbinews.net


Yulia sulastri binti Asep Sutisna(31) seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal kampung Babakan cililin rt 003 rw 006,Desa cililin,kecamatan cililin kabupaten Bandung Barat(KBB)berhasil dipulangkan dengan selamat sampai d IndonesiaSabtu (10/10/2020)


Sutrisno,selaku Kepala Seksi Perluasan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans(dinas tenaga kerja dan transmigrasi)KBB menjelaskan kepulangan Yulia ke Indonesia ini adalah seletah dirinya diketahui mengalami gangguan di pankreas dan ginjalnya setelah bekerja selama 8 bulan si Riyadh Arab Saudi.


Jadi Yulia ini sudah bekerja 8 bulan di Riyadh sebagai ART(asisten rumah tangga).5bulan pertama tidak ada masalah,gajinya juga lancar.Nah 3 bulan terakhir ternyata menderita sakit di pankreas dan ginjalnya.

Untuk itulah dipulangkan agar tidak berlarut larut sakitnya dinegara lain " Terang Sutrisno, saat dihubungi via telphone


Kepulangan Yulia ke indonesia ini sudah seijin sang majikan dan dibantu serta difasilitasi oleh KEMENLU (Kementrian Luar Negri), KEMNAKER (kementrian tenaga kerja), serta Badan perlindungan pekerja Migran Indonesia(BP2MI).


Alhamdulillah,tadi subuh sekitar pukul 04.00 wib,saya dan Tim berangkat ke Bandara Soekarno Hatta jakarta,lalu setelah segala urusan beres pukul 12.00wib tiba di Puskesmas Cililin "Jelas Sitrisno kembali


Pihak BP2MI dan DISNAKERTRANS KBB yang menjemput Yulia TKW asal Cililin KBB, Dibandara Soekarno Hatta Jakarta

Sesampainya di Puskeamas Cililin yang di sambut oleh pihak Kecamatan, Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas, serta pihak terkait.

Yulia yang sebelumnya sudah di Swab Test saat di Riyadh,kembali langsung di Rapid Test dan hasilnya Negatif.


Yulia sekarang sudah berkumpul bersama keluarga anak dan suaminya.Namun nantinya Yulia akan melakukan isolasi mandiei dirumahnya selama 14 hari sesuai aturan yang berlaku"ucap Sutrisno.


Ditambahkan Sutrisno,Yulia sendiri sangat bersyukur bjaa kembali ke Tanah Air dan mengucapkan rasa twrima kasihnya kepada Bupati Aa Umbara Sutisna,kepada Disnakertrans Iing Solihin,Anggota DPRD KBB dari fraksi II Nur Julaeha ,serta seluruh pihak yang sudah membantu kepulangannya.


Saat di konfirmasi mengenai legalitas keberangkatan Yulia sebagai TKW ke Riyadh Sutrisno menyebut bahwa Yulia berangkat secara ilegal dan kini pihak kepolisian sedang mengusut pihak sponsor yang memberangkatkan Yulia.


"Jadi saya berpesan kepada seluruh masyarakat jika ada pihak yang menawari kerja di negara Timur Tengah ,sebaiknya langsung di tolak saja,karna saya saat ini moratorium(pelanggan)penempatan pekerja migran atau Tenaga Kerja Indonesia Sektor informal ke seluruh negara kawasan Timur Tengah ,berdasarkan PERMENAKER Nomor 260 tahun 2015,belum dicabut" tegas Sutrisno.


Moratorium ini berlaku untuk 19 negara di kawasan Timur Tengah seperti Aljazair, Aeab Saudi, Bahrain, Irak, Iran, Kuwait, Libanon, Libya, Maroko, Moritania, Mesir, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Sudan Selatan, Suriah, Tunisia, UEA, Yaman dan Yordania.


"Jika ada warga yang ingin bekerja ke luar Nwgri sebaiknya langsung datang ke Disnakertrans KBB untuk mendapatkan informasi yang akurat dan jelas agar terhindar dari oenipuan oknum oknhm yang tidak bertanggung jawab".pungkasnya.

(Eka KBB)


EmoticonEmoticon