2020/11/04

Desa Jatisawit indramayu Gelar Tradisi adat Sedekah Bumi




Indramayu-fbinews.net


Sebagian Daerah masih menghargai tradisi adat tahunan peninggalan orang terdahulu juga merupakan kearifan lokal yang memang perlu dilestarikan tanpa mengesampingkan tuhan sang pencipta, mengadakan tradisi adat merupakan ungkapan rasa suka cita atas keberhasilan baik pertanian maupun dijauhkan dari segala wabah yang ada di daerah atau desa tersebut agar masyarakat dapat mencapai kemakmuran.


Acara adat tahunan yakni Sedekah bumi 04/11/20 yang ada di Desa Jatisawit bertempat dihalaman Balai desa, pada kegiatan unjungan dihadiri Aparatur Desa setempat juga berbagai elemen tokoh masyarakat, BABINSA dan BABINKANTIBMAS. acara tersebut berlangsung sangat antusias warga setempat memberikan sesaji guna dibacakan do'a bersama, dalam sesi tersebut dilaksanakan sangat sakral sampai selesai.




Kuwu Wardam menuturkan melaksanakan Sedekah bumi yang merupakan tradisi adat desa tahunan merupakan wujud ungkapan masyarakat sebagai rasa trima kasih terhadap sang pencipta atas segala karunia kepada masyarakat Desa Jatisawit dan mudah-mudahan untuk kedepannya masyarakat dapat terhindar dari segala sesuatu yang tidak diinginkan serta dilimpahkan hasil pertaniannya.


Keinginan kami sebagi Aparatur Pemerintahan desa, dengan melaksanakan tradisi adat Sedekah bumi supaya menyatukan masyarakat sehingga terjalin tali silaturahmi yang lebih positif. namun di saat pandemi COVID 19 ini himbauan terhadap masyarakat tetap diwajibkan mengikuti Prokes sebagai mana mestinya dan selalu Welcome kepada siapapun yang ingin bertamu untuk menghadiri dalam acara adat tersebut tidak lebih. Tambanya Kuwu Wardam. 

(Anjeri/D.Toni)


EmoticonEmoticon