2020/11/16

Unjungan Buyut Semengka Desa Legok Indramayu

 


Indramayu-fbinews.net


Sebagian Daerah masih menghargai tradisi adat tahunan peninggalan nenek moyang terdahulu juga merupakan kearifan lokal yang memang perlu dilestarikan namun tetep menjunjung tuhan sang pencipta, mengadakan tradisi adat merupakan ungkapan rasa suka cita atas keberhasilan baik pertanian dan matapencaharian lain serta dijauhkan dari segala wabah yang ada di daerah atau desa tersebut agar masyarakat dapat mencapai kemakmuran.


Acara adat tahunan yakni Unjungan yang dilaksanakan pada 14/11/20 yang ada di Desa Legok Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu, Jawa barat. bertempat di Kibuyut Semengka dalam rangka memeriahkan acara tersebut menghadirkan pagelaran kesenian daerah Sandiwara, pada kegiatan unjungan dihadiri BABINSA, BABINKANTIBMAS, Aparatur Desa setempat juga berbagai elemen tokoh masyarakat. acara tersebut berlangsung sangat antusias warga setempat memberikan sesaji guna dibacakan do'a atau Tahlilan bersama, dalam sesi tersebut dilaksanakan sangat sakral dan kondusif sampai selesai.



Kuwu Sugiarto menuturkan melaksanakan Unjungan yang merupakan tradisi adat desa tahunan wujud ungkapan masyarakat sebagai rasa bersyukur serta suka cita terhadap sang pencipta atas segala karunia yang telah diberikan kepada masyarakat Desa Legok dan mudah-mudahan untuk kedepannya masyarakat dapat terhindar dari segala sesuatu yang tidak diinginkan serta dilimpahkan hasil pertaniannya sehingga dapat menunjang perekonomian yang lebih baik.


Keinginan kami sebagi Kuwu serta Aparatur Pemerintahan desa, dengan melaksanakan tradisi adat Unjungan di Kibuyut Semengka berharap dapat menyatukan masyarakat sehingga terjalin tali silaturahmi yang lebih erat. Namun di saat pandemi COVID 19 ini, tetap menghimbauan terhadap masyarakat agar selalu mengikuti Prokes (Protokol Kesehatan) sebagai mana mestinya dan selalu Welcome kepada siapapun yang ingin menghadiri dalam acara adat tersebut. Tambah Kuwu Sugiarto. 



(Anjeri/Dede/Toni)


EmoticonEmoticon