2020/12/12

PANEN JAGUNG DAN PENYERAHAN BANTUAN BENIH SAYURAN OLEH WALIKOTA MOJOKERTO



Mojokerto - Fbinews.net

Dalam upaya pemulihan perekonomian masyarakat terdampak covid-19, Dinas ketahanan pangan dan pertanian Kota Mojokerto melalui program pengembangan usaha pangan Mandiri (PUPM) melakukan pemanfaatan beberapa lahan aset milik Pemerintah Kota Mojokerto untuk ditanami demi tercukupinya kebutuhan pangan masyarakat   dengan menanam jagung dan sayuran.

Dari upaya tersebut di salah satu lahan aset yang berada di lingkungan Kemasan, kelurahan Blooto, kecamatan Prajuritkulon berhasil ditanami jagung dan diadakan panen bersama oleh Forkopimda Kota Mojokerto pada hari Sabtu (12/12/2020).

Selain panen jagung, Walikota Mojokerto Hj. Ika Puspita Sari. SE juga menyerahkan bantuan benih sayuran secara simbolis untuk masyarakat melalui Perwakilan Kelompok Wanita Tani (KWT)  Kota Mojokerto. 
 


Dalam kesempatan tersebut Walikota Mojokerto menyampaikan, "Skema dari kegiatan ini ada tiga. Ada yang langsung diserahkan kepada kelompok usaha bersama, ada juga dengan skema melakukan penanaman di lahan aset seperti sekarang ini yang sedang dilakukan dan akan dipanen hasilnya, ada juga dengan skema di lahan masyarakat dengan bagi hasil. Tiga skema tersebut tujuannya adalah sama, bagaimana memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak covid khususnya di bidang ketahanan pangan."

Lahan aset seluas 0,85 HA tersebut dipercayakan pengelolaannya kepada Kelompok Tani Mulyo dari warga setempat. Menurut pak Usman selaku ketua Kelompok Tani Mulyo Satu lahan ini sengaja ditanami jagung dengan jenis NK 212 karena buahnya besar dan berisi. Memang sempat ada gangguan hama tikus, tapi untungnya masih bisa diatasi. 

"Saya berpesan kepada seluruh masyarakat harus tetap semangat. Bantuan yang kami berikan ini memang tidak serta merta akan memudahkan semuanya, akan tetapi paling tidak di tengah kondisi yang sulit ini ini kami tetap hadir mendampingi masyarakat dan bersama-sama dengan masyarakat untuk memulihkan ekonomi Indonesia dan ekonomi Kota Mojokerto." kata Ning Ita, panggilan akrab Walikota Mojokerto.


Agus Buyut


EmoticonEmoticon