2021/01/02

MENSOS RISMA TANGKAP ANJAL DI MOJOKERTO




MOJOKERTO - Fbinews.net

Dalam kunjungannya ke kota Mojokerto Sabtu (2/1/2021) Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Risma Harini mendatangi Yayasan Mojopahit yang berada di Lingkungan Cakarayam Baru  Kelurahan Mentikan Kecamatan Prajuritkulon.

Begitu turun dari mobil Mensos langsung menyasar ke rumah-rumah warga yang ada didalam lingkungan Yayasan. Selain melakukan dialog dengan masyarakat, Risma juga membagikan paket-paket sembako.

Yayasan Mojopahit Mojokerto adalah yayasan yang membina para tuna wisma, tuna susila, serta penyandang persoalan sosial lainnya. Yayasan ini didirikan oleh almarhum Soewono Blong tahun 1969. Bentuk pembinaan yang diberikan ada bermacam-macam seperti menjahit, membuat kue dan lain-lain

Saat ini Risma masih fokus pada penyiapan Bansos yang harus segera keluar. Setelah itu akan melakukan pemetaan persoalan-persoalan sosial yang ada dan mencarikan solusinya. Karena persoalan yang ada pada masing-masing daerah berbeda-beda maka bentuk penanganannya juga berbeda. 

"Kita berharap sampai mereka mampu berdiri. Jadi bukan hanya sekedar di bantu kemudian dilepas. Supaya permasalahannya selesai." kata Risma.

Pada kesempatan tersebut Mensos juga berkesempatan menemui para anak jalanan yang hadir. Tidak tanggung-tanggung Risma berupaya menangkap persoalan-persoalan mereka dan selanjutnya menjadikannya sebagai anak angkatnya. 
 


"Kalian tidak selamanya bisa kuat seperti ini. Jadi karena itu ayo kita hadapi bersama-sama. Tidak ada yang mudah memang, tapi juga tidak ada yang sulit kalau kita benar-benar melakukan. Ayo buktikan kalian semuanya bahwa kalian bisa dibanggakan orang tua kalian, semua yang ada di sekitar kalian. Kalian gak usah malu kalian anak siapa. Karena Tuhan tidak pernah melihat siapa kalian dan siapa orang tua kalian. Yang Tuhan lihat adalah perjuangan kalian. Ya anakku ya.... Ibu akan bantu sekuat tenaga untuk kalian. Tapi kalian jangan lari. Kalau nanti kamu usaha sepatu, jualan kopi sulit ya harus dihadapi. Jangan kemudian lari lagi. Ayo dihadapi. Gagal bangkit lagi. Suatu saat kegagalan akan takut pada kamu. Ayo semangat. Anak-anak muda harus semangat."  nasihat Risma kepada para anak jalanan yang dijadikannya anak angkat.

Terlihat sekali Risma berupaya menangkap persoalan-persoalan sosial yang ada dan dicarikan solusi secara tepat. Jangan sampai persoalan sosial hanya menjadi komuditas pemilik kepentingan yang akan menggunakannya untuk mengambil keuntungan pribadi. Akibatnya keberadaan masyarakat miskin tidak akan berubah menjadi masyarakat yang berdaya, tetapi tetap sebagai masyarakat yang terperdaya.


Agus Buyut





EmoticonEmoticon