-->

Prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Yonarhanud 16/SBC/3 Kostrad tiba di Kabupaten Nunukan.


Kalimantan utara-Fbinews.net


Sebanyak 450 prajurit Yonrhanud 16/SBC diterima oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafidz sebagai Irup Upacara penyambutan Satgas Pamtas, turut hadir juga Danlanal Nunukan, Dandim 0911/Nnk, Dansatgas Pamtas Yonif 623/BWU, dan unsur Forkompinda Kab.Nunukan dalam upacara penyambutan prajurit yang digelar di Pelabuhan Umum Tunon Taka, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Pelaksanaan Upacara penyambutan ini terkait berakhirnya masa tugas Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 623/BWU. 


Sebelum membacakan amanatnya, selaku Irup Upacara, secara langsung Bupati memberikan ucapan "Selamat Datang kepada Dansatgas beserta seluruh Prajurit Yonarhanud 16/SBC yang akan melaksanakan tugas di Nunukan, besar harapan semoga para prajurit sekalian mendapatkan kesusksesan serta  diberikan kelancaran dalam mengemban tugas negara yang telah diberikan."

“ Ujarnya. 




Beliau Juga menekankan, setibanya Satgas Yonarhanud 16/SBC menggunakan KRI Teluk Lampung-540, agar tim kesehatan senantiasa selalu memastikan kesehatan prajuritnya untuk selalu melaksanakan pengecekan kesehatan kepada seluruh prajurit Satgas Yonarhanud 16/SBC, diharapkan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, kita dapat ikut berpartisipasi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19. 


Dalam amanatnya, disampaikan beberapa permasalahan yang berkenaan langsung dengan Pengamanan Perbatasan. " Pertama, Pengamanan Patok Batas yang rawan terhadap upaya penggeseran. Kedua, lalu lintas orang atau tenaga kerja ilegal, termasuk kemungkinan adanya jaringan terorisme. Ketiga, lalu lintas barang termasuk adanya barang haram atau narkoba yang diselundupkan. Selanjutnya, ilegal loging dan ilegal fishing serta SDA lainnya. Berikutnya permasalahan sosial akibat dari kesenjangan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan. Ke Enam tantangan kondisi geografi yang menghambat pembukaan akses ke wilayah terpencil. Serta yang terakhir adanya pandemi covid 19 yang berdampak juga diseluruh wilayah kabupaten Nunukan terlebih di wilayah perbatasan negara yang sulit dijangkau oleh transportasi dan komunikasi." Tegasnya. 


Di akhir Upacara Penyambutan Satgas, Bupati dan segenap jajaran tamu undangan yang hadir, memberikan salam dan ucapan selamat datang kepada Dansatgas dan Perwira staf serta para pejabat Danpos Satgas Pamtas RI-MLY Yonarhanud 16/SBC/3 Kostrad.(Ari/red)

 Advertisement Here
 Advertisement Here