26 Mar 2021

BURSA DAN PAMERAN LUKISAN BERTAJUK SWARNA WARNI DI SUNRISE MALL KOTA MOJOKERTO

   
MOJOKERTO-FBINEWS.NET

Goresan warna-warni diatas kanvas penuh mengisi ruang Alfresco Sunrise Mall Jl. Benteng Pancasila Kota Mojokerto. Itulah ajang bursa dan pameran lukisan yang digelar mulai Jumat (26/3/2021) dan akan berakhir Minggu (4/4/2021).


Sebanyak 26 perupa yang terlibat dalam pameran tersebut. Mereka datang dari tujuh Kota di Jawa Timur, yakni Banyuwangi, Surabaya, Jombang, Malang, Sidoarjo, Jember dan Mojokerto. 

Digelarnya bursa dan pameran ini memberikan kejutan tersendiri baik bagi masyarakat kota Mojokerto maupun para senimannya karena baru kali ini pameran lukisan digelar di pusat perbelanjaan di kota Mojokerto ini.


"Mall bukan hanya untuk tempat belanja saja tapi juga memberi nilai edukasi. Kami ada juga serangkaian acara les private pada anak-anak kami yang masih TK atau SD yang belum pernah melukis diatas kanvas, nanti diajari oleh para perupa yang menjadi peserta di acara ini. Selain itu juga event ini yang terpenting lagi juga memperkenalkan, mempromosikan Mojokerto melalui goresan kanvas melalui seni rupa" kata Prayogi Waluyo selaku Ketua Panitia Swarna Warni Sunrise 2021.

Sedangkan Walikota Mojokerto Hj. Ika Puspitasari, S.E dalam sambutannya menyampaikan harapan agar perupa bisa menggali warisan-warisan kebudayaan dari zaman Majapahit untuk bisa ditampilkan sebagai karya seni rupa

"Sedikit mari kita flashback terkait bagaimana kita sebagai pewaris dari Majapahit/keturunan dari Majapahit yang memiliki beberapa warisan kebudayaan yang luar biasa yang terkenal dengan seni bangunan yang sangat tinggi dan diapresiasi oleh berbagai negara di luar Indonesia, maka bagaimana kita sebagai pewaris ini bisa menggali warisan-warisan budaya itu kemudian ditampilkan dalam berbagai bentuk termasuk salah satunya adalah seni rupa." kata Walikota Mojokerto.

Pameran kali ini menggunakan sebanyak 24 stand dengan menampilkan lukisan seperti potret, kaligrafi, landscape, sketsa, abstrak dan lain-lain yang bisa diapresiasi oleh para pengunjung. 


Agus Buyut