2021/04/29

OMPU DATUK ALOLONG KESULTANAN BACAN MOCDAR SALIM GANI ARIEF, SH. M. SI .MENUTUP ACARA LOMBA SAHARA DI LABUHA

    HALSEL- FBINEWS.NET

Ketua generasi muda kesultanan bacan atau gema suba dalam acara penutupan lomba sahara kesultanan bacan M. HUSIN MUSLIM, S. Pd I, M. Pd mengatakan bahwa kita baru saja menyaksikan babak Final lomba cerdas cermat tingkat SD/ SMP dan ini juga merupakan salah tugas penting Generasi Muda Kesultanan Bacan, sudah di amanatkan oleh yang mulia sultan bacan sejak pelantikan di tahun 2018 kemarin salah poin penting adalah Bagaimana menumbuh kembangkan dan bagaimana kita meletakan pondasi awal bagi generasi kita itu adalah pendidikan dan pengatahuan agama islam. Sabtu(28/04/2021) Malam


"Beliau kenapa penting pendidikan agama karna perkembangan dunia saat ini semakin sadis untuk itu butuh Verterisasi sebagai benteng dan itu peranannya pengatahuan dan pengamalan agama, kalau tong punya generasi atau tong punya anak anak tidak di berikan pengamalan agama kita bisa maju dalam hal moderen tapi sunggu kita tertinggal dalam segala sisi bukan saja sisi pengatahuan agama terutama dari sisi kecerdasan menurut beliau bahwa kecerdasan yang paling tinggi adalah kecerdasan spritualitas atau eksistensi sehingga tong punya generasi tak cuma pandai matematis dan ini yang dimiliki pilosof atau para nabi. di ahir sambutan beliau mengatakan atas nama generasi muda kesultanan bacan memohon maaf apabila dalam halal pelayanan kami mohon maaf dari seluruh peserta lomba.


"Sambutan juga di sampaikan oleh kepala kementrian agama kabupaten halmahera selatan yang di wakilkan oleh Bapak LASENGKA LADADU, S.Ag, M.Pd.I dalam sambutan nya beliau mengutip tentang tema dalam lomba sahara tersebut yaitu MENGEMBANGKAN GENERASI MUDA YANG BERADAP DAN BERATORAN menurut beliau masih bingun dengan tema yang di maksud karna tema kelihatan nya agak umum skli dan tidak terfokus pada kegiatan ini misalnya mengembangkan propesonalisme generasi jadi kata yang subjek dulu baru bicara tentang subjek yang terahir.

lanjut beliau kalau kita bicara nilai, nilai itu bisa membunu orang juga mengangkat derajat orang karna adalah sebuah penilaian yang akan di nilai oleh kita, tetangga, keluarga atau kelompok kita tetapi kalau kita bicara tentang ahlak itu dalam kondisi yang kita tidak sanggup membaca kadang bagus kadang juga bagus itulah ahlak menurut beliau. dalam sambutan beliau banyak mengutik tentang ahlak dan mengembangkan cara membaca alquran dalam merai mutakim dalam bulan puasa terutama di kalangan generasi mudah. di tempat sama pulah ompu Datuk alolong kesultanan Bacan menyampaikan sambutan sekaligus menutup acara lomba sahara yang di selenggarakan oleh Gema subah di labuha.

Dalam sambutan ompu datuk alolong kesultanan bacan mengatakan bahwa mata lomba yang di ikutkan dalam sahara ini minis dua tingkatan lomba yaitu tilawa dan tahbitc kalau dua mata lomba ini di ikutkan maka di sama dengan MTQ karna setiap momen Mtq tingkat kabupaten biasanya peserta bukan dari tingkat kecamatan atau produk lokal melainkan di transper dari luar daerah, memang tidak salah cuma dari sisi Kaderisasi sepertinya kita tidak menyiapkan generasi muda lokal baik Hafid maupun Hafida untuk bersaing di tingkat propinsi maupun Nasional. 

"lanjut beliau mengatakan dan meminta kepada generasi muda kesultanan bacan agar selalu meningkatkan kegiatan keagamaan dari sisi kualitas dan kuantitas bila perlu pada tahun tahun kedepan kita melaksanakan semacam tingkat MTQ kecamatan bacan dan kecamatan bacan selatan yang hasil nya nanti di rekomondasi ke LPTQ kecamatan atau pemerinta kecamatan untuk di jadikan peserta pada MTQ tingkat kabupaten yang akan datang sehingga terjadi kaderisasi untuk seni musabaka tilawatil quraan,beliau juga mengatakan bahwa kalau ini kita lakukan maka visi dari kesultanan bacan dapat berjalan dengan baik.

Dalam sambutan terahir ompu datuk alolong Jogugu kesultanan Bacan dan sekaligus menutup lomba sahara tersebut dan pembagian hadiah.(Latif.m)


EmoticonEmoticon