2021/08/05

Program Vaksin Merdeka Polsek Koja, 10 Dosis Vaksin Di Setiap Gerai Vaksin

Tags

   
JAKARTA - FBINEWS.NET

Polsek Koja melaksanakan Vaksin Merdeka sesuai arahan dari Kapolri Jend. Listtyo Sigit Prabawo yang resmi me-launching Gerakan Vaksinasi Merdeka sebagai strategi untuk mencapai target 70% vaksinasi sebagai hadiah di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), pada 17 Agustus 2021. 


Gerakan Vaksinasi Merdeka dilakukan di wilayah DKI Jakarta. Kegiatan itu merupakan kolaborasi dari Polda Metro Jaya, Pemprov DKI, Kodam Jaya, Satgas Covid-19, ikatan dokter, mahasiswa, akademisi, beserta relawan, yang dilaksanakan mulai 1 Agustus hingga 17 Agustus dengan target 3.060.000 orang disuntik vaksin pada Hari Kemerdekaan RI

Kanit Binmas Polsek Koja, Slamet Rajiman mengatakan program Vaksin Merdeka ini sasarannya tiap pos Rukun Warga Rw dan tim Tenaga Kesehatan (Nakes) langsung datangi ke wilayah Tugu Utara, Jakarta Utara. 


"Kenapa di gelar seperti itu, dikarenakan banyak masyarakat yang apabila mendatangi puskesmas jaraknya terlalu jauh dari rumahnya," Ujar Iptu Slamet saat diwawancarai Oleh wartawan di Kp Beting,Koja Jakarta Utara

Bukan hanya itu saja penyebabnya, lanjut kata dia, karena di Puskesmas juga ada banyak pasien yang sedang berobat, termasuk kita memberdayakan dasawisma agar bisa mempermudah melaksanakan program vaksin merdeka ini.

"Dengan kita laksanakan vaksinasi di tiap Rw maka warga lebih antusias lagi untuk mendatangi gerai tersebut, dan juga warga tidak takut lgi untuk vaksin," ujarnya

Ia mengataka target kali ini untuk vaksinasinya adalah 200 warga di keseluruhan Rw, vaksin merdeka ini yang dipakai di wilayah Koja adalah dosis Sinovac. Karena untuk dosis AstraZeneca adalah khusus 18 tahun ke atas.

"Vaksin Sinovac ini kita melayani tahap pertama dan kedua, hasil dari koordinasi dengan tim nakes. Jadi untuk pertama di tempat lain, akan tetapi tahap kedua misalnya tanggal nya sekarang itu tidak masalah," beber Iptu Slamet

Lanjut kata dia, tetapi sebelum melakukan vaksinasi melakukan screaning dan hasilnya memenuhi persyaratan. Untuk di Tugu Utara ada 13 gerai vaksin.

Mulainya vaksinasi dari jam 08.00-13.00, pihak kepolisian juga dibantu dari relawan. Untuk relawan tersebut sudah pada berjaga di gerai vaksin.

"Setiap gerai ada 10 dosis vaksin, dan satu dosis bisa untuk 10 orang yang mengikuti vaksinasi," tukasnya.


(Khoer_azis)


EmoticonEmoticon