-->

PEMKAB Bogor Perlu Lakukan Pembinaan Ormas dan LSM Yang Menyimpang Dari Tugas dan Fungsi


 BOGOR - FBINEWS.NET


Seringnya kepala desa didatangi lembaga yang mengatasnamakan organisasi masyarakat (ormas)dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) menjadi perhatian serius Ahamad Rangkuti Sulaiman,SH,MH Salah Seorang Pengacara Muda yang berkantor di Jl.raya taman pagelaran blok GG I no 26 kel.padasuka -Bogor,jawa barat, indonesia, dan kebetulan beliau juga aktif di Salah Satu Organisasi Kemasyarakatan. 

Rangkuti menuturkan, Banyaknya Organisasi kemasyarakatan diwilayah Kabupaten Bogor ini membuktikan bahwa warga Masyarakatnya Mengedepankan Persatuan dan Kekompakan, akan tetapi nilai Kekompakan, dan Persatuan akan tercoreng ketika salah satu Ormas yang kita sendiri tidak tahu asal usulnya , dan membuat anarkis. 

Kami berharap hendaknya Pemkab Bogor juga memiliki data lengkap terkait dengan keberadaan ormas dan LSM ini. Sehingga mudah untuk dilakukan pembinaan dan pantauan, agar tidak ada lagi ormas yang menyimpang dari tugas dan Fungsinya, Karenanya Pemkab Bogor perlu melakukan pembinaan dan pantauan sedetil mungkin terhadap keberadaan ormas dan LSM,” jelasnya. 


Rangkuti menambahkan, hal ini untuk mendeteksi adanya ormas dan LSM yang asli dan yang abal-abal. Rangkuti mencontohkan, Ketika mengunjungi salah satu Desa pihaknya pernah kedatangan LSM yang tidak berkompeten dan tidak memiliki dasar yang jelas dengan tujuan berbeda dengan maksud melakukan investigasi yang bukan kewenanganya. 


“Makanya kami datang ke desa-desa di beberapa wilayah Kabupaten Bogor untuk mengetahui sebenarnya ormas dan LSM yang ada di desa yang kami kunjungi. Kepala desa harus bisa tegas menyikapi hal ini dan jika sudah melakukan intimidasi dan ancaman perlu menempuh jalur hukum,”ujarnya. [AF)

 Advertisement Here
 Advertisement Here