-->

Korlantas Uji Coba Ganjil Genap di Tol Cikampek Hari Ini: Tak Ada Masalah

 


Cikampek - Fbinews


Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menerapkan uji coba ganjil genap dari Tol Jakarta - Cikampek yaitu di KM 47 hingga Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70, Karawang, Jawa Barat. Kebijakan tersebut dalam rangka penanganan mudik lebaran 2022.


"Karena ini masih uji coba, baru sampai dengan Gerbang Tol Cikampek. Itu tidak ada permasalahan," ujar Kabagops Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi dalam keterangannya, Senin (25/4/2022).


Eddy mengatakan, uji coba ganjil genap tersebut sebagai simulasi upaya mengurangi kemacetan pada saat penerapan ganjil genap 28 April nanti. Saat meninjau langsung, Eddy memastikan kepolisian siap menerapkan kebijakan tersebut.


"Yang mana kapasitasnya tidak sesuai dengan volume yang nantinya akan macet. Kita melakukan kegiatan rekayasa lalu lintas dengan uji coba ganjil-genap saat ini," ucap Eddy.


"Hari ini sebelumnya saya sudah melakukan pengecekan dari KM 10, anggota sudah ada di sana untuk melakukan pengecekan arus," sambungnya.


Kombes Eddy menyampaikan, pada uji coba ganjil genap tadi, kendaraan yang nomor pelatnya tidak sesuai dialihkan ke jalur arteri. Dia pun memastikan telah menyiapkan jalur arteri yang dimaksud pada saat pelaksanaan ganjil genap resmi.


"Yang tidak sesuai yang saya sampaikan ini akan kita alihkan arusnya untuk melewati jalur arteri yang sudah ada," kata Eddy.


Lebih lanjut, Eddy juga menambahkan beberapa kendaraan yang dikecualikan dalam penerapan ganjil genap ini. Menurut dia, hal itu sudah tertuang di dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ada.


"Ambulans, kendaraan TNI Polri yang akan mengangkut orang-orang sakit dan lain-lain, itu merupakan promosi," tutur Eddy.


Adapun uji coba penerapan ganjil genap ini dilakukan sebelum Kamis (28/4). Lalu, pada Selasa (26/4) nanti, ganjil genap bakal dilakukan dimulai dari Tol Cikampek KM 47 hingga Gerbang Tol Palimanan KM 188 dan berlanjut pada Rabu (27/4) dari Tol Cikampek KM 47 sampai Gerbang Tol Kalikangkung KM

@source_humaspolri


 Advertisement Here
 Advertisement Here