-->

Kapolres Jembrana yang Diwakili Wakapolres Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Agung-2023


 

Jembrana – FBINEWS 


Bertempat di lapangan apel Polres Jembrana, telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Agung 2023 dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1444 H tahun 2023, Selasa (7/2/2023) pukul 08.00 Wita.


Bertindak selaku pimpinan apel Waka Polres Jembrana Kompol Losa Lusiano Araujo, S.I.K. dan selaku Komandan Apel Kanit Lantas Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk Polres Jembrana Iptu Kukuh Emanuel, S.H., M.H.


Hadir dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Agung 2023 para Kabag, Kapolsek, Kasat dan para Perwira jajaran Polsek dan Polres Jembrana, Dansub Pom IX/32-Negara, Kadis Perhubungan dan Kelautan, Perikanan Kab. Jembrana, Kepala Jasa Raharja dan diikuti oleh Pleton gabungan Provos Polres Jembrana dan Subdenpom IX/3-2 Negara, Pleton Dalmas, Pleton Sat Polair Polres Jembrana,Pleton Satuan Lantas Polres Jembrana, Pleton Gabungan Sat Reskrim, Satresnarkoba dan Sat Intelkam Polres Jembrana, Regu Dinas Perhubungan Kab. Jembrana, Regu R2 dan R4 Sat Lantas Polres Jembrana, dengan jumlah keseluruhan 150 personel.


Dalam Apel Gelar Pasukan dilakukan penyematan pita sebagai tanda dimulainya Operasi Keselamatan Agung 2023 oleh Pimpinan Apel kepada perwakilan dari anggota Pom TNI AD, anggota Sat Lantas Polres Jembrana dan anggota Dishub.


Waka Polres Jembrana selaku Pimpinan Apel membacakan amanat Kapolri menyampaikan para undangan dan peserta apel gelar pasukan yang saya cintai dan saya banggakan, puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat tuhan yang maha esa karena atas berkah dan karunia-nya kita semua dapat hadir bersama dalam kegiatan “ apel gelar pasukan operasi keselamatan agung-2023” dalam keadaan sehat walafiat.


Lanjutnya, mengawali amanat ini, saya mengucapkan terima kasih kepada bapak / ibu para undangan sekalian yang telah berkenan hadir pada kegiatan apel gelar pasukan pagi hari ini. Selain itu, saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel polda bali dan jajaran, jajaran kodam ix/udayana, pemerintah daerah, instansi terkait serta segenap elemen masyarakat bali atas segala dukungan dan kerja samanya, sehingga pelaksanaan rangkaian kegiatan kunjungan kerja bapak presiden ri i di prov.bali pada tanggal 1 dan 2 februari2023 dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar. saya berharap agar sinergitas dan kolaborasi yang sudah terjalin dengan baik ini dapat kita jaga dan tingkatkan, guna menjaga stabilitas kamtibmas di wilayah bali tetap kondusif,lalu lintas mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan dan integrasi nasional. Produktivitas masyarakat dan kegiatan perekonomian sangat bergantung kepada keamanan dan kelancaran lalu lintas.


“Meningkatkan kegiatan masyarakat turut berimplikasi pada peningkatan kebutuhan di bidang transportasi sebagai penunjang sarana mobilitas orang maupun barang,Modernisasi dan digitalisasi transportasi semakin kita rasakan saat ini dimana pesatnya perkembangan kebutuhan masyarakat di bidang transportasi, juga diiringi dengan perkembangan di bidang transportasi melalui modernisasi dan digitalisasi layanan, dimana operasional order angkutan publik kini sudah berada dalam genggaman (melalui telepon genggam),” ungkapnya.


“Namun demikian, seiring dengan kemajuan teknologi, ternyata belum serta merta dapat menghilangkan permasalahan di bidang lalu lintas seperti kemacetan, pelanggaran lalu lintas, dan tingginya angka kecelakaan lalu lintas. oleh karena itu, untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, sebagai pengemban tugas pemelihara kamseltibcarlantas, polri khususnya satuan lalu lintas senantiasa melakukan transformasi dan inovasi untuk dapat mengakomodir dampak yang timbul dari perkembangan jaman dan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks,pada pelaksanaan operasi keselamatan agung 2022 yang lalu, tercatat terjadi beberapa kenaikan di beberapa aspek, dibandingkan dengan pelaksanaan operasi keselamatan agung yang dilaksanakan pada tahun 2021,” jelasnya.


Pada tahun 2022, jumlah kecelakaan lalu lintas di provinsi bali tercatat sebanyak 92 kejadian, meningkat sebesar 156% dari data tahun 2021 yang berjumlah 36 kejadian.Sedangkan angka korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas pada tahun 2022 berjumlah 11 korban jiwa, meningkat 38%, dari jumlah pada tahun 2021 yang berjumlah 8 orang. Di sisi lain, jumlah pelanggaran lalu lintas yang terjadi mengalami penurunan yang signifikan antara tahun 2021 dengan tahun 2022. terdapat 7.063 pelanggaran lalu lintas yang berhasil kita tertibkan tahun lalu. hal tersebut mengalami penurunan sebanyak 41% dibandingkan jumlah pelanggaran lalu lintas yang kita tertibkan pada tahun 2021 yaitu 11.956 pelanggaran. penurunan tersebut dapat terjadi diakibatkan oleh penerapan teknologi etle dalam penindakan pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum polda bali pada tahun 2022.Berdasarkan data tersebut, dibutuhkan serangkaian upaya komprehensif untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas, baik upaya pembinaan dan pencegahan melalui peningkatan pemahaman masyarakat akan peraturan lalu lintas serta peningkatan pengawasan kelaikan jalan, sarana dan prasarana, maupun kendaraan.Disamping itu, penting juga dilakukan elaborasi terhadap upaya penegakan hukum di bidang lalu lintas melalui operasi pemeriksaan kendaraan bermotor, kelengkapan berkendara dan surat kelengkapannya yang dilaksanakan secara berkala dan mengoptimalkan penegakan hukum secara elektronik (etle),” pungkasnya.


Sebagai upaya untuk menekan tingginya angka pelanggaran dan kecelakan lalu lintas serta meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, polda bali menyelenggarakan operasi keselamatan agung 2023. operasi lalu lintas kali ini, akan kita laksanakan selama 14 hari mulai dari tanggal 7 s.d 20 februari 2023 dengan mengusung tema ”keselamatan lalu lintas yang pertama dan utama”. selain untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas, kegiatan operasi kali ini juga dilaksanakan sebagai upaya cipta kondisi menjelang perayaan idul fitri 1443 h tahun 2023.Dalam pelaksanaannya nanti, operasi ini akan mengedepankan pola tindakan preventif, edukatif dan persuasif secara humanis kepada masyarakat serta pola penegakan hukum secara elektronik (etle) baik secara statis maupun mobile. saat ini, kita telah mengoperasikan 10 titik etle yang tersebar di wilayah denpasar dan badung. terkait dengan gakkum lantas, sasaran dalam operasi keselamatan 2023 adalah segala jenis pelanggaran yang kasatmata seperti pengendara yang tidak menggunakan helm sni maupun safety belt; pengemudi / pengendara yang menggunaan ponsel maupun melakukan aktivitas yang dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara; mengangkut orang dengan kendaraan bak terbuka; pengendara melawan arus dan berkendara melebihi batas kecepatan; pengendara yang menyebabkan kemacetan dan potensi gangguan lalu lintas. Para peserta apel yang saya hormati, apel gelar pasukan yang kita laksanakan saat ini, merupakan wujud kesiapan dan keseriusan kita dalam melaksanakan operasi keselamatan agung 2023. kegiatan ini juga dimaksudkan untuk melaksanakan final checking terhadap kesiapan seluruh personel dan sarana prasarana yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi. saya berharap, pada kegiatan apel gelar pasukan ini, seluruh pejabat operasi dan seluruh personel pengamanan yang terlibat sudah memahami dan siap melaksanakan tugasnya dengan baik


Kami juga menyadari bahwa tugas pemeliharaan kamseltibcarlantas merupakan hal yang sangat kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri. oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, saya mengharapkan kerja sama dan sinergitas antar pemangku kepentingan serta segenap lapisan masyarakat untuk bersama-sama mematuhi aturan dalam berlalu lintas dan menjaga kondusivitas wilayah masing-masing.


Sebelum mengakhiri amanat ini, saya ingin menekankan beberapa perhatian agar dilaksanakan oleh rekan-rekan sekalian yaitu , awali kegiatan dengan doa;para pejabat operasi dan para padal agar memberikan arahan secara jelas dan tegas kepada anggotanya terkait dengan sop, cara bertindak dan sasaran operasi yang telah ditentukan. laksanakan pengawasan dan pengendalian personel di lapangan secara berkesinambungan.seluruh personel yang terlibat agar memahami dan melaksanakan sop, cara bertindak dan sasaran operasi yang telah ditentukan. hindari sifat arogan, kedepankan tindakan simpatik dan humanis kepada masyarakat. tidak ada tindakan pungli maupun pemerasan kepada masyarakat dan kedepankan teknologi etle dalam tindakan gakkum lantas.laksanakan anev secara rutin setelah pelaksanaan kegiatan untuk mengatasi kendala maupun permasalahan di lapangan. bangun koordinasi dan komunikasi yang baik dengan berbagai stakeholder terkait, apabila terdapat permasalahan segera laporkan kepada pimpinan secara berjenjang. Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan apel gelar pasukan ini. semoga tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-nya kepada kita semua dalam melaksanakan tugas dan pengabdian yang terbaik, kepada masyarakat, bangsa dan negara. Demikian amanat Kapolri dalam Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Agung 2023 dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1444 H tahun 2023, yang dibacakan Wakapolres Jembrana selaku Pimpinan Apel, Selasa (7/2) pukul 08.00 Wita di halaman depan Polres Jembrana.


Apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Agung 2022, selesai pukul 08.30 Wita berlangsung dengan aman dan lancar, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan kendaraan dinas pendukung pelaksanaan Ops Keselamatan Agung 2023 oleh Waka Polres Jembrana didampingi tamu undangan.

(Red.Sw.)

 Advertisement Here
 Advertisement Here