-->

Peringati HPSN, Tim PWRI Bogor Raya Audiensi ke DLH Kota Bogor.


Kota Bogor - FBINEWS 

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Tim PWRI Bogor Raya dipimpin langsung oleh Ketua Rohmat Selamet menyambangi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor.

Audiensi yang diterima langsung oleh Kadis DLH, Denni Wismanto dengan didampingi Kepala UPTD TPA Galuga (Kota), membahas seputar pengelolaan sampah di wilayah pemkot serta mengupdate progres sistem penangann residu sampah di TPA Galuga (kota) yang saat ini telah mulai menerapkan semi controled landfill, guna menjaga baku mutu lingkungan di area TPA.



"Iya kami Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor terus mengupayakan lingkungan kota bebas dari polusi, termasuk dari polusi sampah, baik itu di area perkotaan maupun dilungkungan TPA Galuga sebagai titik akhir perjalanan sampah. Adapun terkait TPA, kami DLH Kota Bogor telah mencoba mengikuti instruksi pemerintah untuk mengubah sistem pengolahan open dumping ke inovasi yang saat ini kami jalani yaitu sistem semi controled landfil, yang pastinya untuk menjaga kondusifitas terhadap dampak dari stasiun akhir keberadaan sampah," ungkap Kadis DLH saat memberikan pandangannya dalam audiensi yang dilaksanakan di ruang kerjanya, Juma't (24/2).

Adapun bila terdapat ketidaksempurnaan dalam menjalankan berbagai program dalam kinerja, baik itu penanganan sampah di wilayah pemkot, maupun pengolahan samapah di TPA, disampaikan oleh Denny akan menjadi cambuk bagi DLH Kota Bogor untuk lebih memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Hal itu dikatakan oleh dia, menanggapi berbagai masukan dari tim PWRI yang tepat pada HPSN 21 Februari 2023 telah melaksanakan observasi kunjungan langsung ke TPA Galuga, di Kecamatan Cibungbulang, Kab Bogor.

"Pada prinsipnya, pengelolaan sampah tidak akan berjalan baik tanpa adanya kesadaran dari masyarakat, serta dukungan dari rekan-rekan pwri sebagai control sosial untuk menjadi pengontrol kinerja kami. Kami DLH Kota Bogor memiliki komitmen terhadap penangan sampah, untuk keasrian lingkungan wilayah kota bogor.

Menanggapi paparan kinerja yang disampaikan Kadis, Ketua PWRI Bogor Raya, Rohmat Slamet mengapresiasi atas keseriusan DLH Kota Bogor dalam menangani persoalan sampah di wilayah pemkot, hingga pengelolaan TPA Galuga (kota). 

"Kami dari PWRI kemarinpun (21/2-red) saat lakukan giat observasi ke TPA Galuga, khususnya melihat langsung kondisi TPA Galuga (kota), harus memberi apresiasi kepada DLH Kota Bogor. Dimana sistem open dumping yang kerap digunakan pengelola TPA, mulai coba diubah dan mulai menjalankan sistem lengelolaan yang lebih bijak terhadap lingkungan, itu hal positif juga terhadap kondisi lingkungan di area skitar wilayah terdampak atas keberadaan TPA," ujarnya.

Rohmat dalam kesempatanya juga mendukung DLH Kota Bogor untuk mengejar penghargaan Adipura, sebagai wujud keberhasilan pemkot dalam mengelola persoalan sampah dan keasrian lingkungan.

"PWRI Kota Bogor pastinya akan mendukung penuh dan siap menjadi media penyalur informasi berbagai kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh DLH Kota Bogor untuk dapat diketahui oleh masyarakat kota bogor. Kami yang memiliki kantor sekertariat di sekitaran wilayah kota bogor pastinya sama seperti masyarakat pada umumnya, yaitu mengharapkan kondusifitas lingkungan yang asri dan nyaman, serta bebas dari gangguan polusi sampah, dan sekali lagi kami tim PWRI berterimakasih atas kinerja yang telah ditunjukkan oleh DLH Kota Bogor," tutur dia.

Diakhir audiensi, kedua belah pihak bersepakat menginisiasi adanya gerakan masyarakat bersifat sosial, yang akan di motori oleh DLH Kota Bogor bersama PWRI Bogor Raya untuk melaksanakan kegiatan flogging (pembersihan sampah) secara bersama-sama di sekitaran Alun-alun Kota Bogor. Rencananya, kegiatan kerjabakti tersebut dilaksanakan pada awal bulan Maret 2023. (Tim PWRI)

 Advertisement Here
 Advertisement Here