-->

Pastikan Mudik Aman dan Nyaman, Polri Cek Jalur Mudik Pantai Selatan hingga Pelabuhan Merak



Jakarta - Fbinews

Korlantas Polri meninjau sejumlah jalur mudik lebaran 2023. Hal ini bagian dari kesiapan Operasi Ketupat 2023.


Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk memastikan kelancaran arus kendaraan saat mudik lebaran nanti.


“Korlantas beserta stakeholder terkait telah melaksanakan survei ke beberapa ruas Jalan. Baik ruas Jalan Pantai Selatan Banten sampai dengan DIY,” kata Ramadhan saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (14/3).


Menurut Ramadhan, Korlantas Polri juga mengecek ruas jalan pantai utara Jakarta sampai dengan Semarang. Jalan Tol dari Jakarta sampai dengan Surabaya, serta ruas jalan menuju ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.


Ramadhan menyatakan, hal itu dilakukan Polri memastikan semua jalur yang biasa digunakan pemudik berjalan dengan aman dan nyaman.


Sementara mekanisme pengaturan lalu lintas saat arus mudik dan balik, termasuk apakah ada pembatasan kendaraan masih terus dibahas. Nantinya, keputusan itu akan tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB).


Berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub, lonjakan pemudik diprediksi naik cukup signifikan. Sebanyak 123,8 juta penduduk diprediksi akan melakukan pergerakan mudik di tahun 2023.


Sementara itu, untuk wilayah Jabodetabek, diprediksi ada 18,3 juta penduduk yang akan melakukan mudik. Itu artinya, lebih dari setengah penduduk Jabodetabek mudik lebaran kali ini.


Di sisi lain, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga memprediksi 42 ribu kendaraan akan memadati Pelabuhan Merak, Banten, saat puncak mudik lebaran tahun 2023. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan puncak arus kendaraan yang terjadi pada h-3 lebaran 2022 lalu yang mencapai 37 ribu kendaraan.

** 

 Advertisement Here
 Advertisement Here