-->

Puslitbang Polri Pastikan Gencar Capai ISO 17020


Jakarta - FBINEWS

Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri memastikan akan terus berupaya mendapatkan ISO 17020 untuk Laboratorium Persenjataan. Dengan demikian, Laboratorium Persenjataan dipastikan telah memenuhi standar internasional.

“Tentu komitmen kami akan terus berupaya mendapatkan strata atau tingkatan yang lain, yaitu ISO 17020, agar dapat mendukung tugas di lingkungan Polri sesuai Perkap Nomor 17 tahun 2011 dan Perkap Nomor 8 tahun 2022,” ujar Kepala Puslitbang Polri, Brigjen. Pol. Iswyoto Agoeng Lesmana Doeta, melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (3/3/23).

Untuk diketahui, ISO 17020 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk badan inspeksi independen. Standar ini menetapkan persyaratan untuk kompetensi, independensi, objektivitas, dan integritas badan inspeksi dalam melakukan tugas-tugas inspeksi.

Sementara itu Laboratorium Persenjataan Puslitbang Polri adalah Laboratorium yang menguji Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan bidang Persenjataan untuk Keamanan dan Ketertiban Masyarakat yang berada di bawah Bagian Laboratorium dan Teknologi Kepolisian Puslitbang Polri.

Diketahui, sebelumnya sertifikasi ISO 17025 untuk mendukung tugas di lingkungan Polri dalam Laboratorium Persenjataan Puslitbang Polri telah didapatkan. ISO/IEC 17025 adalah sebuah standar internasional yang mengatur persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi, Jadi dengan meraih ISO/IEC 17025 ini artinya Laboratorium Persenjataan Puslitbang Polri telah berstandar internasional.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here