-->

KTT ASEAN Aman dan Lancar, Kapolri Sampaikan Terima Kasih ke Masyarakat



Labuan Bajo,NTT – Fbinews

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung KTT ASEAN Summit ke-42 di Labuan Bajo Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), sehingga event internasional itu berjalan dengan aman dan lancar.


“Kita berterima kasih kepada masyarakat atas dukungannya,” kata Kapolri di Command Center 91, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (11/5/2023).


Kapolri mengungkapkan rumitnya pengaturan jalur dalam perhelatan tersebut. Namun masyarakat mengerti ketika ada rekayasa lalu lintas, sehingga KTT ASEAN berjalan dengan baik.


“Walaupun jalur kita ubah, tapi mereka (masyarakat) memahami, sehingga kita bisa memberikan prioritas kepada para kepala negara dan delegasinya untuk sampai tepat waktu,” tutur Kapolri.


Kapolri juga menyebutkan, pengamanan yang dilakukan Polri berada di ring 3, sementara TNI berada di ring 1 dan 2. Namun, seluruh rangkaian pengamanan dilakukan secara sinergi antara TNI, Polri, dan seluruh stakeholder dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada pelaksanaan KTT ASEAN


Kapolri menyatakan 91 Command Center dapat memantau seluruh kegiatan anggota di berbagai titik. Mulai titik kedatangan di bandara, tempat akomodasi, hingga lokasi kegiatan KTT ASEAN.


Secara umum, semua kegiatan tersebut bisa dipantau Command Center melalui CCTV. Saat ada instruksi yang diberikan, anggota di lapangan bisa langsung bertindak, sehingga dapat memudahkan tugasnya.


“Melalui Command Center, seluruh kegiatan bisa dipantau dan mereka langsung berinteraksi. Anggota juga dilengkapi body worm, HT, dan alat komunikasi, yang secara umum kita bisa mendapatkan secara detail gambaran di lapangan. Sehingga ini memudahkan pengendalian dalam pelaksanaan Operasi Komodo 2023,” ujar Kapolri.


Kapolri menambahkan, seluruh kegiatan rangkaian KTT ASEAN mulai kedatangan penyambutan Presiden Joko Widodo dan para kepala negara serta delegasinya berjalan baik sampai siang hari ini.


“Kami, Polri, bersama TNI tentunya Bapak Panglima akan terus bekerja keras. Mudah-mudahan hasilnya maksimal dan giat ini berjalan aman dan lancar dan bisa membawa manfaat serta keputusan strategis khususnya di wilayah ASEAN,” pungkas Kapolri

**

 

 Advertisement Here
 Advertisement Here