-->

Terkait kabar begal di Kota Padangsidimpuan, Kapolres Pastikan Berita Tersebuat Hoax



Padangsidimpuan - Fbinews

Dengan tegas, Polres Padangsidimpuan menepis isu liar terkait adanya peristiwa begal di depan Kampus UIN Syahada Jalan T Rizal Nurdin, Kelurahan Sihitang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.


Kapolres, AKBP Dudung Setyawan, S.H.,S.I.K.,M.H., melalui Plt Kasi Humas Polres Padangsidimpuan Kompol L. Sihaloho menjelaskan bahwa informasi terkait isu adanya begal di Jalan T Rizal Nurdin itu sempat beredar dari media sosial.


“Lantas, berdasarkan informasi tersebut, kami melalukan pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket) langsung ke lokasi,” jelas Kasi Humas, pada Senin (24/7/2023) Kemarin pagi.




Kasi Humas melanjut, berdasar keterangan dari Lurah Sihitang, Hendrianto, SSos, sebagaimana penjelasan Kepala Lingkungan I dan II, di lokasi tersebut, tidak pernah terjadi aksi begal. Apalagi, sampai timbil korban baik itu dari masyarakat atau Mahasiswa/i UIN Syahada Kota Padangsidimpuan.


Lanjut Kasi Humas, Tokoh Masyarakat setempat yakni Bapak Zulkarnaen, menjelaskan jika ia yang juga pemilik Warung Arjuna di lokasi sekitar dan sudah berjualan sejak 2018, tidak pernah terjadi begal.


“Begitu juga dengan kejahatan jalanan lainnya, juga tidak pernah terjadi,” imbuh Kasi Humas.


Pihaknya, juga sempat mewawancarai sejumlah Mahasiswi UIN Syahada Kota Padangsidimpuan antara lain, Desima Nasution, Gustina Harahap, dan Nurjanah Nasution. Ketiganya yang mengaku selama kurang lebih 4 tahun melintas di Jalan T Rizal Nurdin, tidak pernah mengetahui aksi begal.


“Serta, mereka tidak pernah mengalami kejahatan apapun. Dan jalanan aman dan baik,” tutur Kasi Humas.


Kasi Humas menghimbau kepada segenap masyarakat, untuk tidak menyebar berita atau informasi hoaks. Apalagi yang dapat menyebabkan keresahan masyarakat. Karena, aksi menyebar berita bohong merupakan suatu tindak pidana.


“Dan kepada masyarakat juga kami himbau agar jangan mudah percaya akan suatu isu atau informasi tanpa tahun kebenarannya. Kendati demikian, kami himbau kepada masyarakat, agar tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan aksi kejahatan,” pungkas Kasi Humas.

**

 

 Advertisement Here
 Advertisement Here