-->

Meriah, Kapolda Sulut Apresiasi Pelaksanaan TIFF 2023 di Kota Tomohon


 
Sulut - FBINEWS

Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Setyo Budiyanto memberikan apresiasi tinggi terhadap pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) tahun 2023 di Kota Tomohon.

“Ini pertama kalinya saya melihat TIFF. Luar biasa, karena tamunya tidak hanya dari lokal Tomohon, tapi tamunya dari luar Sulawesi Utara bahkan dari beberapa provinsi lainnya, serta spesial banyak duta besar atau perwakilan negara yang datang. Banyak float yang dihiasi bunga, banyak partisipasi dari anak SD, SMP dan SMA, semuanya turut meramaikan TIFF,” ujar Irjen Pol Setyo Budiyanto yang menghadiri langsung Turnament of Flower (TOF) atau parade kendaraan hias di Kota Tomohon, Sabtu (12/8/2023).



Iapun berharap iven internasional ini terus ada di tahun-tahun berikutnya. “Mudah-mudahan kedepan TIFF ini akan dilaksanakan lebih meriah lagi,” ucapnya.

Tomohon International Flower Festival (TIFF) Tahun 2023 yang bertemakan ‘Walking Together, Rising Together’ ini merupakan TIFF yang ke-11 yang dilaksanakan di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara.

Sebelumnya, TIFF ke-11 ini dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada Selasa, 8 Agustus 2023, diisi dengan berbagai kegiatan festival budaya dan kuliner khas Tomohon, dan puncaknya adalah Turnament of Flower atau parade kendaraan hias, pada hari Sabtu, 12 Agustus 2023.

Parade kendaraan hias ini mengambil start dari depan Rindam Kelurahan Kakaskasen Kecamatan Tomohon Utara dan finish di Stadion Babe Palar Kelurahan Walian Kecamatan Tomohon Selatan.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Iis Kristian menambahkan, dalam kegiatan ini Polda Sulawesi Utara dan jajaran menurunkan sebanyak 1.296 personel untuk melaksanakan pengamanan pada puncak pelaksanaan TIFF 2023.

“Personel yang diturunkan dalam pawai kendaraan hias ini merupakan gabungan personel dari Polda Sulut, Polres Tomohon dan beberapa Polres terdekat seperti Polresta Manado, Polres Minahasa dan Polres Minut,” katanya.

Selain dari Personel Polri, pengamanan juga melibatkan pasukan dari TNI, Pol PP, Dinas Perhubungan, Linmas dan organisasi kemasyarakatan.

Peserta Parade Tournament of Flower (TOF) atau parade kendaraan hias ini diikuti oleh banyak peserta, yaitu barisan Polisi Wanita Polda Sulut, Flower Girl, atraksi sepeda motor dari Polisi Wanita Direktorat Lali Lintas Polda Sulut dan Parade Kendaraan Roda Dua PJR Polda Sulut, Marching Band dari beberapa sekolah di Tomohon, Barisan Korps Wanita AD, float Bhayangkari, float dari Pemerintah Kabupaten/Kota, float dari Kementerian/Lembaga Pemerintah dan Swasta, serta float dari negara sahabat.

Pelaksanaan kegiatan parade kendaraan hias ini juga disaksikan langsung oleh puluhan ribu pasang mata, yang diantaranya hadir tamu dari 34 negara sahabat, Ketua DPR RI Puan Maharani, rombongan perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O. E. Kandou, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jan Leonard De Fretes, Forkopimda Sulut, para PJU Polda, Forkopimda Tomohon, tokoh agama dan masyarakat.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here